Solo traveling. (Foto: Istimewa)

SEORANG teman pernah menceritakan pengalamannya saat traveling di Thailand. Tasnya dijambret ketika sedang naik tuk tuk. Baginya, ini adalah tragedi. Sebab, hampir semua uang dan dokumen penting ia taruh di dalam tas tersebut.

Paling repot adalah saat harus mengurus paspor yang hilang di negara orang. Kamu tentu tidak mau mengalami tragedi seperti itu kan? Praktikkan tips berikut ini agar traveling aman.

Cek barang bawaan sebelum meninggalkan restoran. (Foto: Istimewa)

1. Taruh uang di tempat berbeda

Jangan taruh semua uang dan dokumen dalam satu dompet dan tas. Kamu akan kesulitan saat tasnya raib. Diva travelers bisa membawa dompet paspor bertali dan memasangnya di balik pakaian. Sisipkan juga uang, kartu kredit atau kartu debet di sana agar ketika tasmu diambil tangan jahil, kamu masih punya dana cadangan untuk bertahan hidup hingga kembali ke Tana Air.

2. Cek barang bawaan

Tips ini berlaku keras bagi diva travelers yang pelupa. Biasakan mengecek kembali barang bawaan sebelum meninggalkan suatu tempat. Misalnya saja saat selesai makan di resto. Jika pelupanya parah, kamu sebaiknya menaruh tas di pangkuan selama makan. Sedikit ribet, tetapi hal ini dapat mencegah tas raib saat tertinggal di suatu tempat.

3. Bawa jaket dengan saku di dalam

Jika memungkinkan, diva travelers bisa membawa jaket yang ada saku di bagian dalamnya. Taruh dompet, uang atau paspormu di sana. Supaya tidak terjatuh saat di perjalanan, usahakan saku dalam kondisi tertutup.

4. Pindai dokumen penting

Pindai semua dokumen penting seperti paspor, visa, tiket pesawat dan asuransi travel. Kemudian, taruh di email. Jika hanya disimpan di memori ponsel, diva travelers tetap kehilangan hasil pindaiannya kala ponsel raib. Saat ini ada beberapa aplikasi scanner yang dapat diandalkan. Salah satunya, CamScanner.

5. Jangan seperti toko emas berjalan

Gemar pakai perhiasan? Sebaiknya diva travelers melepas semua perhiasan yang bisa memicu diri menjadi korban kejahatan. Masih mending kalau hanya perhiasan yang diambil. Kalau nyawa turut terancam, kamu tentunya tidak mau, kan?

Itulah tips traveling aman yang bisa diva travelers praktikkan saat traveling nanti. (Suzan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here