Christine Spiku. (Foto: christinespiku.com)

MESKI membawakan oleh-oleh bukan kewajiban, tidak sedikit orang yang merasa harus memberinya kepada teman dan keluarga di kota asal. Makanan bisanya menjadi pilihan utama. Setiap kota memiliki kuliner masing-masing.

Salah satu kota di Indonesia yang kulinernya menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah Surabaya. Apa saja kudapan yang bisa dibawa dari Kota Pahlawan itu? Berikut rekomendasi Traveldiva.id.

Seorang wisatawan asing menyiapkan uang untuk membeli oleh-oleh. (Foto: anuoluwapoyak.blogspot.com)

1. Sambal Bu Rudy

Ini adalah oleh-oleh legendaris di Surabaya. Sambal Bu Rudy telah ada sejak 25 tahun lalu. Sejak dahulu, tidak banyak yang berubah dengan cita rasa dan kemasannya. Memiliki rasa bawang putih dan pedas yang kuat. Namun, rasa pedasnya inilah yang membuat sulit berhenti makan. Bahkan, selalu ingin tambah nasi hangat.

Sambal Bu Rudy lebih nikmat jika disantap dengan udang goreng kecil dan renyah serta kremesan sisa menggoreng udang. Selain dibeli sebagai oleh-oleh, sambal ini juga dapat dinikmati di restonya.

2. Lapis Surabaya

Lapis Surabaya dapat langsung dikenali dari warna dan teksturnya. Terdiri dari 3 lapis, dengan komposisi warna kuning dan cokelat. Teksturnya khas sponge cake, sesuai jenis bolu yang digunakan untuk membuat kue ini. Cita rasanya gurih karena terbuat dari kuning telur dan mentega.

Lapis Surabaya disebut pula spiku. Jika ingin spiku legendaris, diva travelers dapat mencarinya di Christine Spiku. Merek ini telah hadir sejak 1973. Ada 4 varian Christine Spiku, yaitu original, kenari, cokelat dan kismis.

3. Siropen Telasih

Siropen Telasih adalah minuman legendaris Surabaya. Hadir sejak 1923, minuman ini diproduksi oleh pabrik limun JC van Drongelen Hellfach milik warga negara Belanda. Siropen Telasih ditawarkan dalam 8 rasa, antara lain mawar, coco pandan, leci, vanila, jeruk keprok dan melon.

Selain itu, ada pula Siropen Gourmet yang diproduksi sebagai campuran kopi, cocktail dan mocktail. Variannya beragam, mulai dari hazelnut, caramel, vanilla, mocha, rum, mojito mint hingga tiramisu.

Itulah 3 makanan dan minuman legendaris Surabaya. Diva traveler bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here