Sedang ingin berlibur ke wisata alam Indonesia? Sepertinya Kamu harus tau dulu, nih beberapa destinasi wisata hutan Mangrove di Indonesia.

Hutan yang kerap disebut hutan bakau ini tumbuh di sepanjang pesisir pantai, muara sungai, atau bahkan tumbuh di rawa gambut.

Hutan Mangrove ini biasanya bermanfaat besar untuk penduduk yang tinggal didekat pantai untuk mencegah abrasi dan tsunami, serta berfungsi untuk peresapan air laut ke daratan, lho.

Beberapa kawasan hutan Mangrove di Indonesia yang gak kalah cantik dengan wisata alam lainnya bisa kamu nikmati keindahannya untuk destinasi favorit. Dikutip dari laman, Kompas.com, simak ulasan dibawah ini, yuk!

Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan kawasan konservasi alam mangrove yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Didominasi pepohonan mangrove seluas 99,82 hektar ini berada di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Untuk Kamu yang berdomisili di Jakarta, Hutan Mangrove ini dekat untuk dijangkau menggunakan transportasi umum atau sepedah dari pusat kota Jakarta dan Tanggerang.

Dengan pesona wisata alam, di Hutan Mangrove ini juga menyediakan camping ground untuk Kamu yang ingin bermalam atau berkemah, lho!

Hutan Mangrove Karimunjawa, Jawa Tengah

Siapa yang tidak tau pesona bawah laut dan kecantikan alam lainnya di Karimunjawa? Ternyata, Karimunjawa juga memiliki destinasi wisata hutan Mangrove dengan alam yang sejuk.

Kamu bisa melakukan trekking di atas jalur tre kayu sepanjang 1,3 kilometer saat berkunjung ke hutan Mangrove Karimunjawa ini.

Setelah berjalan sejauh 700 meter, Kamu dapat menemukan menara pandang tinggi yang bisa digunakan untuk melihat luasnya area wisata hutan ini. Seperti melihat pulau Cemara Besar, pulau Cemara Kecil, dan pulau Menyawakan.

Hutan Mangrove Kulonprogo, DIY Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulonprogo terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY Yogyakarta. Disana terdapat hutan Mangrove yang memenjang dari timur ke barat dengan bersisian sungai yang muaranya bersatu dengan Sungai Bongowonto di pantai Congot.

Kamu dapat menikmati trekking di jembatan bambu yang dibangun diatas air. Uniknya, tempat ini bahkan kerap dijadikan spot foto yang menarik, lho!

Selain itu di hutan Mangrove Kulonprogo ini memiliki beberapa bambu juga dibangun menjadi jembatan dan menara. Jembatan dibuat megah dengan menara yang menjulang tinggi, bahkan sekitar empat jembatan unik dan megah yang melintang di atas sungai di wisata hutan ini.

Hutan Mangrove Bedul, Jawa Timur

Hutan Mangrove Bedul ini berlokasi di tempat wisata Banyuwangi, tepatnya masih termasuk dalam area Taman Nasional Alas Purwo.

Hutan mangrove Bedul di Banyuwangi, Jawa Timur.
Sumber Foto: Kompas.com

Lokasi hutan Mangrove Bedul ini menjadi wisata rekreasi warga sekitar. Tentunya Kamu bisa menikmati hijaunya vegetasi hutan bakau ini.

Hutan Mangrove Tarakan, Kalimantan Utara

Wisata Hutan Mangrove yang berada di Kalimantan Utara merupakan paru-paru kota Tarakan yang tak kalah indah dengan wilayah lain di Indonesia.

Dengan luas mencapai 21 hektar dan menyimpan berbagai jenis tanaman bakau ini bisa Kamu kunjungi mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat.

Untuk mengunjungi wisata Hutan Mangrove Tarakan ini, Kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000.

Baca juga, 5 Destinasi Liburan di Pulau Indonesia ala Maldives

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here