Soto Anda. (Sumber: IG @soto_anda)

Semangkok soto berisi potongan daging muncul dalam foto. Foto itu sengaja ditampilkan Lave Mall kala menggelar virtual tour Finding Hidden Gems in Bekasi pada Sabtu, 30 Mei 2020. Melalui foto tersebut, Travel Diva dan peserta virtual tour lain diajak mengenal kuliner di Bekasi, Soto Anda.

Soto Anda adalah salah satu kuliner populer di Bekasi. Soto dengan daging tanpa lemak dan kuah santan menjadi menu favorit di sana. Begitu terang Konsultan Travel Bersertifikat, Ameliya Rosita.

Isian Soto Anda. (Sumber: IG @soto_anda)

Bagi Diva Traveler yang sedang diet, soto daging tanpa lemak bisa menjadi sumber protein sembari menjaga asupan kalori tetap rendah. Daging tanpa lemak ini tetap lezat. Meski dikatakan tanpa lemak, daging tetap mengandung lemak. Namun, kadarnya lebih sedikit dibandingkan bagian daging lainnya. Kadar lemak yang dipangkas bisa lebih dari 50 persen.

Kembali ke Soto Anda, resto ini telah ada sejak 1972. Pilihan kuahnya, dua. Kuah santan nan gurih dan kuah susu full cream sebagai pengganti santan. Jika disantap dengan tambahan acar, cita rasanya menjadi makin lezat. Gurih dengan perpaduan rasa asam dari acar.

“Soto dengan kuah susu full cream sangat gurih dan pekat,” terang Ameliya. Penjelasan Ameliya ini sungguh membangkitkan selera. Ingin rasanya kaki ini segera melangkah ke Bekasi untuk menyambangi warung Soto Anda.

Emoh makan daging? Soto ayam, kaki sapi dan jeroan juga ada. Tetapi, menu soto daging tanpa lemak dengan kuah gurih tetap jadi favorit pengunjung.

Selain soto daging legendaris, Soto Anda juga kerap menawarkan menu baru. Sop ayam kampung, bakso sapi, bubur ayam adalah menu-menu baru yang gencar dipromosikan di tahun ini.

Sejak didirikan, tata letak meja makan dan kursinya telah beberapa kali berganti posisi. Dahulu mejanya didesain mirip huruf “U”. Saat ini mejanya ditata dengan posisi berbeda, menjadi kotak.

Selama Corona mewabah, Soto Anda sempat tutup di bulan Maret. Kemudian buka kembali di akhir Maret, tetapi hanya melayani layanan bungkus bawa pula. Bukanya pun menjadi lebih siang. Dahulu, warung ini biasanya buka sekitar pukul 7 pagi. Sekarang, pukul 11 atau 12 siang.
Penasaran? Diva Traveler bisa memesannya melalui layanan ojek daring.

Soto Anda
Jl Jenderal Sudirman, Kayuringin Jaya,
Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here