Dusun Girpasang

Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah belakangan ini sedang menjadi buah bibir warganet karena memiliki wahana gondola dengan pemandangan yang apik.

Dikutip laman Travel.kompas, Dusun Girpasang dan sekitarnya juga menawarkan kegiatan wisata yang tidak kalah menarik selain menaiki gondola menurut perkataan Kepala Desa Tegalmulyo bernama Sutarno.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa pilihan wisata yang bisa Kamu nikmati di Dusun Girpasang dan sekitarnya, ya!

Pemandangan alam

Pemandangan alam yang disuguhi Desa Tegalmulyo terbilang cukup unik lantaran lokasinya dekat dengan Gunung Merapi.

Tangkapan layar dari video yang diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui Instagram-nya terkait jalur yang harus ditempuh untuk menuju ke Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Sumber Foto: Kompas.com

Tentunya pepohonan dan tanaman pun tumbuh dengan subur di sana. Jika Kamu ingin melepas penat dari sumpeknya pemandangan di kota, Kamu bisa berkunjung ke desa ini, lho!

Pemandangan Gunung Merapi

Gagahnya gunung merapi dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke desa ini. Namun, pemandangan lebih terlihat apik jika dilihat dari spot tertentu. Seperti yang dikatakan Sutarno bahwa panorama alam lebih cantik di Ngringin.

Sambil nikmati pemandangan, jangan lupa untuk berkunjung ke sejumlah tempat makan di dusun tersebut. Seperti Kedai Pojok yang juga menyuguhi Kopi Merapi Sapuangin khas warga setempat.

Jalur trekking yang indah

Nah, jika ingin berkunjung ke Dusun Girpasang, Sutarno mengatakan bahwa wisatawan akan melintasi hutan menempuh medan yang menurun dan menanjak.

Goa Jepang

Selanjutnya setiba di Dusun Girpasang, Kamu bisa berkunjung ke Goa Jepang. Saat ini, harga tiket masuknya adalah gratis, lho!

Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.
Sumber Foto: Kompas.com

Di sana, Kamu bisa menikmati indahnya goa sambil melihat bentang alam di bawahnya lantara goa terletak pada lokasi yang lebih tinggi dari area sekitarnya.

Embung dengan pemandangan alam

Desa Tegalmulyo memiliki sebuah embung yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi yakni Embung Tirto Mulyo.

Jika berkunjung saat bulan puasa, wisatawan bisa ngabuburit sambil menikmati pemandangan yang ada. Siapa tahu eloknya panorama yang ditawarkan mampu membuat rasa lapar terlupakan.

Gondola

Saat ini, Dusun Girpasang memiliki gondola baru untuk wisatawan setelah sebelumnya memiliki gondola untuk mengangkut barang yang dibutuhkan untuk sehari-hari.

Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter.
Sumber Foto: Kompas.com

Adapun, gondola ini letaknya sekitar 60 meter dari gondola khusus untuk barang. Tepatnya di “pojok” Dusun Ngringin dan berbatasan dengan pintu masuk menuju Dusun Girpasang.

Kendati sudah diresmikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Sutarno menuturkan, gondola masih dalam tahap penyelesaian. Wisatawan baru bisa menikmatinya sekitar satu minggu lagi.

Bagi warga Dusun Girpasang dan sekitarnya, mereka dapat menggunakan gondola secara gratis. Namun, terdapat pengecualian bagi pendatang dari luar area. Harga tiket gondola Dusun Girpasang Klaten adalah Rp 60.000 per empat orang untuk perjalanan pergi pulang. Jika ingin naik sendiri, hanya warga setempat saja yang diizinkan.

Beragam pilihan tempat makan Selain Kedai Pojok, Sutarno mengatakan bahwa Desa Tegalmulyo memiliki banyak pilihan tempat kuliner. Khusus Girpasang dan Ngringin, terdapat lebih dari lima pilihan tempat makan.

“Di Girpasang ada dua tempat kuliner. Di Ngringin banyak, ada empat sampai lima warung makan. Harganya sangat terjangkau. Kalau ke sini, bisa lihat pemandangan dengan perut kenyang,” ujarnya.

Jika sedang menunggu antrean gondola saat sudah beroperasi nanti, kamu bisa susuri jalanan antara kedua dusun tersebut dan kulineran di beberapa tempat makan termasuk Wisata Alam Kali Pakis dan Pendopo Merapi.

Gardu pandang untuk berfoto

Sutarno mengungkapkan, saat ini Dusun Girpasang tengah melakukan beberapa pembenahan untuk menyambut wisatawan. Salah satunya adalah pembangunan spot foto.

“Spot-spot selfie di Girpasang ada. Tapi baru awal (penataan), seperti spot gardu pandang dari bambu bikinan masyarakat,” katanya.

Meski spot berfoto baru ditata, namun sejauh ini wisatawan yang berkunjung tetap berfoto-foto dengan memanfaatkan spot alam yang ciamik.

Baca juga, Wisata Hutan Mangrove di Indonesia Bisa Jadi Destinasi Liburan Kamu

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here