Sego Boranan
Sumber Foto: Gotravelly.

Selain Soto Lamongan yang menjadi kuliner populer di berbagai daerah, ternyata Lamongan di Provinsi Jawa Timur ini mempunyai kuliner lain, yaitu Sego Boranan yang jadi incaran para wisatawan.

Kuliner asal Lamongan ini biasanya tersedia dengan kumpulan menu dalam satu sajian seperti nasi, pletuk (kacang dan remah nasi aking), urap-urap, dan rempeyek.

Dulunya, kuliner Sego Boranan ini tersedia saat lebaran. Namun sekarang Kamu bisa mencicipinya kapan pun tanpa harus menunggu lebaran.

Nah, nama Sego Boranan sendiri berasal dari tempat wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu atau biasanya disebut boranan. Boranan sendiri dulunya dibawa penjualnya dengan cara dipanggul di belakang dengan pengaitnya sebuah selendang.

Agar menambah tampilan yang otentik, penjualnya akan menyajikan Nasi Boranan dengan menggunakan daun picak dan piring yang terbuat dari anyaman bambu.

Berbeda dari sajian lauk yang dahulu, saat ini penjual Sego Boranan sudah lebih menyajikan lauk tambahan yang variatif, seperti ikan bandeng, telur rebus, tempe, telur dadar, udang, telur asin, teri, daging ayam, tahu, dan jeroan.

Biasanya nasi Boranan ini dibalur dengan urapan dari kumpulan sayur-sayuran hijau yang direbus yang kaya akan manfaat serat bagi tubuh kita. Tak lupa juga ditambahkan dengan bumbu urap dari parutan kelapa dan bumbu tumis dan beberapa sambal.

Baca juga, Sayur Sambel Godok, Menu Khas Betawi Saat Hari Lebaran

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here