Memesan makanan (Sumber: Visionect.com)

Seoul Spicy Noodles di Sihanoukville merupakan resto pertama di Kamboja yang Travel Diva sambangi sendirian. Bingung adalah kata pertama yang tercetus saat memesan makanan. Tidak semua pramusaji di resto tersebut mengerti bahasa Inggris.
Kebanyakan pramusaji di Seoul Spicy Noodles hanya paham dan bisa berbicara menggunakan bahasa Khmer. Untung saja, bos sebelumnya sudah mengajari beberapa jurus memesan makanan. Jurus tersebut ternyata efektif. Mau tahu kan jurus-jurusnya?

Khmer Fish Noodle (Travel Diva/Rina)

1. Panggilan untuk pramusaji

Ada dua istilah yang bisa Diva Traveler ucapkan saat memanggil pramusaji. Bong, jika pramusajinya terlihat sepantar atau lebih tua. Bong adalah panggilan yang ditujukan kepada orang yang lebih tua. Sebaliknya, jika pramusaji terlihat lebih muda, Diva Traveler bisa memanggilnya Oun. Itu adalah panggilan untuk orang yang lebih muda.

2. Cara pesan

Cara mudah memesan makanan adalah dengan menunjuk menu atau gambar makanan yang ada di daftar menu. Jika ingin makan nasi, Diva Traveler bisa mengatakan, “Knyom nyam bai”. Knyom artinya saya. Nyam, makan. Bai, nasi. Ingin pesan mie? Ganti saja kosakata bai dengan mie. “Knyom nyam mie”. Untuk mi, kosakatanya sama kok.

3. Order makanan halal

Diva Traveler yang muslim, biasanya memilih makanan halal. Maka, pesanlah makanan yang tidak mengandung babi. Babi dalam bahasa Khmer adalah sach chrouk. Tidak mengandung atau tidak ada dalam bahasa Khmer, ot min. Jadi, jika ingin memesan nasi dengan lauk tanpa babi, Diva Traveler dapat mengatakan ini, “Knyom nyam bai ot min sach chrouk”. Jika orangnya masih bingung, cari saja gambar babi di Google, kemudian tunjukkan kepada pramusaji sembari mengatakan, “Ot min sach chrouk”.

4. Menjawab jumlah porsi

Saat Diva Traveler memesan makanan, pramusaji biasanya akan menanyakan jumlah porsi yang dipesan. “Pon man?” atau “Jo upon man?” Itu artinya, mau berapa.
Diva Traveler bisa menjawabnya, “Jou mui” yang artinya mau satu saja. Berikut adalah angka satu hingga sepuluh dalam bahasa Khmer. Mui, phi, bai, bun, pram, pram mui, pram phi (prempel), pram bai, pram bun dan dop.

5. Menanyakan harga

Saat memesan makanan, Diva Traveler tentu akan menanyakan harga makanan. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah, “Pon man lui” yang artinya berapa harganya. Atau, bisa juga setelah selesai makan, memanggil pramusaji lalu meminta kuitansi atau bon dengan mengucapkan, “Ket lui”. Setelah selesai makan, jangan lupa ucapkan okrun chren yang berarti terima kasih.
Nah, Diva Traveler sekarang sudah tahu cara memesan makanan di resto. Cukup dengan lima jurus tersebut, Diva Traveler sudah bisa order makanan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here