Phnom Penh (Travel Diva/Rina)

Setidaknya ada 5 fakta tentang Kamboja yang perlu Diva Traveler ketahui sebelum traveling ke sana. Dengan demikian, perjalanan akan lebih lancar dan nyaman. Apa saja fakta-fakta tersebut?
Check these out, ladies!

Phnom Penh (Travel Diva/Rina)

1. Bahasa

Ada dua bahasa yang digunakan di Kamboja. Bahasa Khmer dan Inggris. Namun, tidak banyak warga Kamboja yang mengerti dan bisa berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, Diva Traveler sebaiknya belajar sedikit bahasa Khmer yang biasa digunakan di resto, hotel, bandara dan saat mencari transportasi.
Jika akan pelesir ke Sihanoukville, Diva Traveler juga sebaiknya memahami sedikit keterampilan berbahasa Mandarin, terutama apabila berencana menginap di hotel milik warga negara China. Sebab, saat ini kebanyakan hotel di Sihanoukville dimiliki warga negara China yang tidak mengerti bahasa Khmer dan Inggris. Alternatif lain, instal Google Translate untuk membantu menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Khmer, Mandarin atau Inggris.

2. Mata uang

Sama seperti bahasa, ada dua mata uang yang lazim dipakai dalam transaksi pembayaran di Kamboja, yaitu riel dan dollar Amerika Serikat. Diva Traveler bisa membayar dengan riel atau dollar.
Untuk memudahkan transaksi saat transit di negara lain, akan lebih baik jika membawa bekal dollar dari Indonesia. Namun, tidak usah kaget dan bingung jika mendapat uang kembalian dalam bentuk mata uang riel ketika melakukan pembayaran dengan dollar di Kamboja. Untuk memudahkan penghitungan, ingat saja nilai tukar ini. 1 dollar Amerika Serikat sama dengan 4 ribu riel Khmer.

3. Agama

Penduduk Kamboja mayoritas beragama Buddha dengan komposisi sekitar 97 persen. Selain itu ada yang beragama Hindu, Kristen dan Islam. Kepercayaan animisme juga masih dianut di sana. Banyaknya warga beragama Buddha menjadikan biksu amat dihormati dan kuil mudah dicari. Selain itu, Diva Traveler bisa melihat cukup banyak makanan dan minuman di rumah-rumah yang disajikan sebagai bentuk persembahan kepada roh penjaga. Bagi Diva Traveler yang beragama Kristen dan Islam, mencari masjid dan gereja juga bukan hal mudah. Akan tetapi, Diva Traveler tetap dapat beribadah di kamar hotel.

4. Makanan

Hampir di semua kota di Kamboja, makanan yang tersedia mengandung babi. Bahkan, ketika Diva Traveler memesan roti, sop ayam Cemani atau mi Korea pun, di dalamnya terdapat minyak atau lemak babi.
Diva Traveler yang beragama muslim atau vegetarian sebaiknya membawa sendiri makanan dari Indonesia seperti rendang atau mi instan. Meski beberapa minimarket menjual mi instan dari Indonesia, harganya bisa 10 kali lipat. Jika ingin aman, Diva Traveler bisa menerapkan menu food combining dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Di sana, buah dan sayur segar muda dicari.

5. Kartu SIM

Untuk menghemat biaya telekomunikasi, Diva Traveler sebaiknya membeli kartu SIM bernomor Kamboja. Supaya tidak usah mencari-cari lagi saat sudah masuk kota, Diva Traveler sebaiknya membelinya begitu tiba di bandara.
Beberapa kartu SIM prabayar yang biasa dijual di bandara antara lain Metfone, Cell Card dan Smart. Berbekal kartu SIM prabayar tersebut, Diva Traveler bisa memesan Grab Car melalui aplikasi Grab, Tuk Tuk via PassApps dan tentu saja mengirim pesan lewat serta melakukan panggilan video melalui WhatsApp.
Dengan memerhatikan lima fakta tersebut, perjalanan wisata Diva Traveler dijamin lebih nyaman dan lancar. Selamat pelesir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here