Home Destinasi Penerbangan Jet Rute Domestik di Bandara Husein Sastranegara Kembali Dibuka

Penerbangan Jet Rute Domestik di Bandara Husein Sastranegara Kembali Dibuka

0
45
Pesawat Airbus. (Foto: Airbus.com)
Pesawat Airbus. (Foto: Airbus.com)

DI tengah pandemi Corona, penerbangan domestik di Bandara Husein Sastranegara sempat ditutup. Paradiva yang sempat berencana pergi ke Bandung menggunakan pesawat mungkin kecewa. Namun, kekecewaan itu kini sudah dapat terobati.

Pasalnya, penerbangan domestik pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara segera kembali dibuka. Pembukaan kembali penerbangan domestik di Bandara Husein Sastranegara diharapkan mampu membangkitkan kembali aktivitas pariwisata Jawa Barat, khususnya Bandung di tengah pandemi global COVID-19.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, sektor pariwisata Bandung sangat membutuhkan dukungan aksesibilitas penerbangan langsung. “Disbudpar menunggu sesegera mungkin pengoperasian pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara. Kami akan melakukan berbagai promosi pada masa pemulihan dan normalisasi pada 2021,” ujar Kenny dalam siaran pers tertulis yang dirilis PT Angkasa Pura II baru-baru ini.

Saat ini rute domestik di Bandara Husein Sastranegara dikhususkan untuk penerbangan pesawat bolang-baling atau propeller. Sedangkan penerbangan pesawat jet rute domestik dilayani melalui Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Jawa Barat, Budijanto Ardiansyah, mengatakan jika pesawat jet diperbolehkan kembali melayani penerbangan rute domestik di Bandung akan mendukung pemulihan aktivitas pariwisata Bandung dan sekitarnya. “Wisatawan Nusantara cukup besar di Bandung. Saat ini perlu akses pesawat jet untuk rute domestik seperti Airbus 320 dan Boeing 737 di Bandara Husein Sastranegara,” ujar Budijanto.

Saat ini hanya pesawat propeller yang ada. Padahal pesawat jenis ini kapasitasnya sedikit. Perlu akses pesawat jet untuk mendorong kembali bangkitnya sektor pariwisata. Senada dengan Budijanto, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, menyebutkan pula industri hotel dan restoran sangat mendukung kembalinya penerbangan jet domestik di Bandung.

Maskapai penerbangan Lion Air dan Citilink mengaku siap mendukung apabila penerbangan jet dibuka di Bandara Husein Sastranegara. Husein Sastranegara merupakan satu dari 2 bandara di Jawa Barat yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero). Bandara lainnya adalah Kertajati. “Dalam mengelola kedua bandara itu kami menerapkan konsep multi airport system sehingga operasional Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati saling mendukung serta terkoneksi,” terang President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin.

Menurutnya, pihaknya akan menjaga agar Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati saling mendukung dan tidak saling mematikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here