kelok 9

TravelDIVA – Wisata Kelok 9 bagi orang Sumatera, khususnya Sumatera Barat, Riau, Medan, Jambi, Palembang, dan yang lainnya, sudah tidak asing lagi mendengar kata kelok 9. Ini dikarenakan kelok 9 merupakan jalanan yang berliku tajam dan memilki pemandangan yang indah dan menyejukkan mata saat berada di sana.

Dari rumah di kampung saya menuju kelok 9 menempuh waktu sekitar 40 menit. Oia, kampung halaman saya, yaitu Desa Mancuang, Kecamatan Baso, Bukit Tinggi.

Selama perjalanan menuju kelok 9 kita juga akan menjumpai beberapa tempat wisata alam lainnya. Di antaranya taman kelinci, ngalau indah, sungai taram, dan yang paling sering bahkan sangat ramai dikunjungi saat musim liburan tiba yakni lembah harau.

wisata kelok 9

Kelok 9 berada di Provinsi Sumatra Barat, Kec. Limapuluh Kota. Ini merupakan daerah yang dekat menuju daerah perbatasan antara Provinsi Sumatra Barat dan Riau.

Nama Kelok 9 sendiri diambil dari jalanan yang memiliki 9 tikungan tajam dan jalanan tersebut hanya dapat dilalui dua mobil saja.

Dahulunya Kelok 9 hanyalah jalanan biasa saja dan merupakan jalan lintas antar provinsi. Namun, pada zaman pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono telah diresmikan flyover yang semakin memperindah kelok 9.

kelok 9

Semenjak flyover diresmikan pemakaiannya dan berada tepat di atas kelok 9, akhirnya orang beramai-ramai datang ke sana demi berfoto dijembatan dan berlatarkan pemandangan yang sangat indah. Pada saat flyover di bangun menghabiskan waktu yang cuku lama, kurang lebih sekitar 10 tahun. Kemungkinan penyebab lamanya penyelesaian pembangunan karena jalanan yang dibuat juga cukup panjang dan berliku.

Hingga saat ini, Kelok 9 merupakan salah satu tempat tujuan wisata bagi orang-orang yang ingin mendatangi Sumatra Barat, bahkan hingga saat ini pengunjung yang ingin berwisata ke sini selalu ramai, apalagi saat musim liburan tiba.

kelok 9
Kelok 9 (Dok. Astrit)

Masyarakat setempat juga memanfaatkan kesempatan tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang berjualan di bibir jalan. Bahkan banyak yang menyediakan jasa fotografer untuk mengabadikan foto pengunjung dengan berlatarkan pemandangan indah dari kelok 9 dengan harga yang terjangkau.

Bagi yang pernah berkunjung ke kelok 9 selalu merasa puas karena keindahan pemandangannya dan keramahan orang-orang yang ada di sana, baik penduduk setempat maupun pendatang yang berjualan di bibir jalan demi mengais rezeki.

[adrotate banner="3"]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here