Home Destinasi Sipirok, Wisata yang Elok di Ibukota Tapanuli Selatan

Sipirok, Wisata yang Elok di Ibukota Tapanuli Selatan

0
587
Bukit Simago-mago di Sipirok (Foto: inet)
Bukit Simago-mago di Sipirok (Foto: inet)

TAK SALAH rasanya menyematkan kata “elok” bagi Sipirok. Kota ini merentang di lembah pegunungan Bukit Barisan yang berhawa sejuk cenderung dingin. Tepat berada di lembah Gunung Sibual Buali, warga Sipirok diberkahi dengan sumber air dari gunung ini bagi pesawahan dan perkebunan yang mereka kelola.

Sipirok sendiri awal mulanya merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Posisinya berubah menjadi ibukota Tapanuli Selatan setelah kota Padang Sidimpuan (yang sebelumnya ibukota kabupaten Tapanuli Selatan) berubah menjadi kotamadya. Prosesi pemindahan ini terlaksana pada 2014, demikian seperti ditulis dari Wikipedia.com.

Selain terkenal dengan sektor pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian utama penduduk setempat, Sipirok juga dianugerahi beberapa tempat wisata berkat pemandangan dari Tuhan yang asri, alamiah dan pastinya indah, tempat yang cocok untuk melepas penat, berkumpul bersama keluarga, dan tak ketinggalan, berfoto-foto ria.

Salah satunya adalah Tor Simago-mago, yang menyajikan wisata alam untuk melihat kota Sipirok dari atas. Sajian pemandangan ini tentunya bisa melegakan mata sambil menikmati aktivitas penduduk Sipirok dari atas. Belum lagi hawa adem bisa membanu siapa pun sejenak berhenti dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

BACA: Wisata Kelok 9 Nan Indah, Kebanggaan Urang Awak

Pemandian Air Panas Padang Bujur di Sipirok
Pemandian Air Panas Padang Bujur di Sipirok

Sebagaimana diambil dari travelingyuk.com, obyek wisata ini tidak begitu jauh dari pusat kota, yakni hanya 32 km dari kota Padang Sidempuan. Pengunjung mesti melakukan tracking sejauh 1,5 km untuk bisa sampai ke puncak. Cukup melelahkan tapi pasti akan terbayar tuntas begitu sampai di atas.

Bagi yang suka bepergian ke pemandian air panas, bisa melipir ke wisata alam air panas eksotik yang tak begitu jauh dari kota Padang Sidempuan. Tempat pemandian alamiah ini
berada di daerah yang dikelilingi bukit dan tumbuhan hijau yang berada di tiga tempat, yakni di Desa Sosopan, Parandolok dan Parausorat.

Pihak pengelola tempat wisata ini sudah mengelolanya dengan baik, terbukti dengan fasilitas kolam pemandian air panas dan menyediaka kuliner makanan khas Sipirok, yakni keripik sambal taruma, demikian seperti ditulis oleh Medan Bisnis Daily. Pengunjung bisa mencicipi makanan ini atau ngopi khas Sipirok sambil menunggu buah hati atau handai taulan menghabiskan waktu di tempat pemandian ini.

Tempat wisata unggul berkat airnya yang masih alami dan jernih. Siapa pun tak perlu repot menemukan obyek wisata ini sebab hanya sekitar 38 km dari kota Padang Sidempuan. Manfaat berendam di sini diyakini oleh masyarakat dan pengunjung dapat membantu dalm mengobati penyakit gatal-gatal, panu dan bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh manusia.

Bagaimana, tertarik ke sana para diva travelers?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here