Stasiun Bandung. (Foto: Wikipedia)

DI era new normal, orang sudah bisa bepergian dengan kereta api. Diva travelers yang sudah gatal ingin segera berlibur, bisa menggunakan moda transportasi darat ini untuk liburan singkat. Bagi yang tinggal di Jakarta, Bandung bisa menjadi destinasi tepat.

Lantaran bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, kamu pun tidak perlu menginap saat berlibur ke Bandung. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Bandung. Salah satunya kuliner. Apa saja kuliner yang bisa menjadi pilihan saat traincation ke Bandung? Ini jawabannya.

1. Mi Kocok

Ada beberapa mi kocok favorit warga Bandung dan wisatawan. Diva travelers bisa mencoba Mi Kocok Mang Nanang Tea, Mang Dadeng, Pak Enco, Persib dan SKM. Masing-masing mi kocok punya ciri khas. Mi Kocok Mang Nanang Tea memiliki cita rasa ringan sehingga cocok bagi diva travelers yang kurang menyukai makanan berlemak. Mi Kocok Mang Dadeng justru menawarkan kuah yang kental dan berlemak dengan pilihan sumsum. Sumsumnya ini cepat habis lantaran banyak pembeli yang memesannya. Namun, siapapun penjualnya, semangkuk mi kocok panas dengan cita rasa gurih selalu sukses menghangatkan perut di tengah cuaca kota Bandung yang sejuk.

2. Soto Bandung

Sama seperti mi kocok, soto Bandung juga bisa menjadi menu andalan untuk mengalahkan dinginnya Kota Parahyangan. Soto Bandung legendaris ada di Jalan Cibadak. Nama restonya, Ojolali. Resto soto yang didirikan Ma Karta dan Ma Endi pada 1939 atau 1940 itu memiliki kuah bercita rasa gurih dengan warna daging kemerahan dan bertekstur empuk. Ciri khas soto Bandung adalah adanya irisan lobak, taburan kacang kedelai, daging dengan potongan kotak serta kuah bening.

3. Sambal Lalap

Ketika berkunjung ke Bandung, jangan lupa menyantap sepiring nasi hangat, ayam goreng, tahu Bandung goreng, sayur asam dan sambal lalap. Siap-siap saja timbangan bergeser ke kanan. Karena, makan nasi dengan sambal lalap bisa membuat diva travelers selalu ingin menambah porsi makan. Sambal dadak merupakan salah satu menu khas Sunda yang wajib dicoba. Beberapa resto yang sambal dadaknya mantap adalah RM Ciganea, RM Ampera dan RM Cibiuk. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sambal lalap di Resto Warung Hejo. Ini juga favoritnya warga Bandung.

4. Lotek

Menu Lotek Kalipah Apo. (Foto: Facebook Kalipah Apo)

Lotek merupakan salah satu kuliner khas Sunda. Di Bandung, banyak kedai yang menjual makanan berbumbu kacang ini. Isinya adalah aneka sayur seperti kol, mentimun, dan tauge dan kangkung. Jika ingin mencoba lotek terkenal dan legendaris, Lotek Kalipah Apo dan Warung Lotek Macan wajib masuk daftar kunjungan. Selain menyantap lotek, di dua kedai itu, diva travelers juga bisa mencicipi kolak dan rujak mereka yang juga menjadi favorit warga Bandung.

Dari 4 makanan tersebut, nomor berapa yang paling membuat diva travelers tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here