Sajian Takjil
Sumber Foto: Pinterest

Takjil atau makanan berbuka puasa adalah sajian yang paling ditunggu oleh masyarakat dari berbagai daerah yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ketika Diva travelling melakukan perjalanan, Kamu harus jelajahi kudapan takjil di setiap daerah di Indonesia.

Berbagai sajian takjil baik makanan dan minuman segar dapat Kamu temui untuk berbuka puasa ketika berkunjung ke daerah-daerah, seperti Aceh dengan Es Timun Serut atau Es Pisang Ijo dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Berikut daftar kudapan takjil berbagai daerah di Indonesia yang dilansir dari Indonesia Travel. Simak, ya!

Es Timun Serut

Minuman segar ini tidak boleh Diva travelling lewati ketika berkunjung ke Banda Aceh, provinsi Aceh. Es timun serut ini terbuat dari serutan mentimun, menjadi minuman segar yang paling cocok untuk dijadikan sebagai penghilang dahaga sehabis puasa.

Sumber Foto: Pinterest

Rasa minuman ini akan memberikan sensasi segar yang berpadu dengan sirup dengan rasa melon, kelapa, atau pandan, biji selasih, jeruk nipis, dan gula cair.

Bubur Kampiun

Sajian khas Minangkabau ini dapat menjadi salah satu pilihan wajib untuk Kamu nikmati saat berbuka puasa, yaitu bubur kampiun.

Sumber Foto: Pinterest

Pasalnya, sajian yang berisikan ketan putih yang dikukus, kacang hijau, ketan hitam, bubur sumsum, candil, kolak ubi atau pisang dalam satu mangkok ini akan membuat Kamu tidak ingin berhenti memakannya, deh!

Kolak Biji Salak

Sajian kolak yang satu ini bukan lah biji salak yang diolah untuk dijadikan kolak pada umumnya, meskipun bernama biji salak.

Sumber Foto: Pinterest

Sajian takjil dari Betawi ini berasal dari olahan ubi jalar dan tepung tapioka yang dibentuk bulat-bulat kecil menyerupai biji salak.

Sajian kolak biji salak akan memberikan kenikmatan ketika dimakan saat berbuka puasa karena dimasak dengan kuah santan, daun pandan, dan gula. Rasanya pasti lezat!

Jalakotek

Sajian Jalakotek ini merupakan jenis makanan gorengan asal Majalengka. Salah satu takjil yang sering di makan masyarakat saat berbuka puasa adalah gorengan, dan Kamu dapat menikmati Jalakotek jika ingin berbuka dengan gorengan, lho!

Resep Jalakotek Khas Majalengka oleh Pawon Bugge - Cookpad
Sumber Foto: Cookpad

Makanan gorengan ini berbahan dasar tepung tapioka, dan berbentuk seperti pastel. Hanya saja, isi dari gorengan yang satu ini adalah tumisan tahu dan sayur-sayuran seperti wortel atau tauge.

Jadah Manten

Salah satu kudapan takjil yang dapat Diva travelling nikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta, yaitu Jadah Manten.

Sumber Foto: Pinterest

Sajian yang satu ini pada awalnya merupakan makanan hantaran dari pihak lak-laki kepada perempuan saat menikah.

Namun saat ini, makanan yang terbuat dari ketan dan berisi potongan daging ayam atau sapi dibalut dengan telur dadar dan diilipat dengan tangkai bambu dan potongan buncis sebagai penyangganya itu tidak pernah luput dari Ramadan, lho!

Es Pleret

Es yang satu ini melibatkan kueh basah berwarna merah dan putih yang disebut dengan pleret selain santan dan gula.

Resep Membuat Es Pleret Khas Blitar - Petir.co
Sumber Foto: Petir.co

Pleret adalah kueh basah yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung beras yang diisi gula merah cair sehingga rasa manis dan gurih akan tercipta ketika kueh tersebut digigit.

Selain kueh pleret, minuman segar ini terkadang juga dicampur dengan cendol dan potongan serabi sebagai bahan tambahan.

Es Pisang Ijo

Siapa yang tidak tau kudapan takjil hits yang satu ini? Salah satu minuman es penghilang dahaga ini yang tidak boleh Kamu lewati adalah Es Pisang Ijo. Makanan khas Makassar ini memiliki rasa yang segar.

Sumber Foto: Pinterest

Pisang yang dilapisi adonan tepung berwarna hijau berpadu dengan bubur sumsum, es serut, kuah santan, dan sirup membuat rasanya sangat nikmat, dan meluncur menghilangkan haus saat melintasi tenggorokan.

Pisang Asar

Menu takjil yang berbahan dasar pisang ini berasal dari Ambon. Pisang Asar ini merupakan santapan saat berbuka puasa yang wajib bagi masyarakat Ambon, lho!

Resep Pisang asar oleh Handmade MamaLea 😘 - Cookpad
Sumber Foto: Cookpad

Berbeda dengan sajian pisang lainnya yang biasanya digoreng atau dijadikan kueh basah, Pisang Asar diolah dengan cara dipanggang.

Pisang yang digunakan dalam sajian ini adalah pisang raja yang kemudian dipanggang dengan campuran kacang kenari, kayu manis, telur, mentega, dan gula aren.

Jadi, Diva travelling tertarik mencoba menu kudapan takjil yang mana?

Baca juga, Cobain 5 Resep Menu Sahur Yang Simpel dan Lezat

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here