Pola Makanan Sehat

Dimasa pandemi ini kita dituntut harus tetap menjaga kesehatan tubuh, mulai dari menjaga pola tidur hingga menjaga pola makan sehat.

Makanan dan minuman apa pun yang masuk dalam tubuh bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi, lho!

Asupan dibawah ini perlu Kamu tahu agar tingkatkan imunitas, terlebih saat pandemi. Simak, ya!

Variasi makanan

Setiap hari Kamu dianjurkan makan campuran biji-bijian seperti gandum, jagung, dan beras, kacang-kacangan, serta perbanyak makan dan sayuran. Jangan lupa, lengkapi dengan beberapa makanan dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu, ya!

Kamu juga bisa memiilih makanan gandum utuh seperti jagung yang belum diolah, millet, oat, gandum, dan beras merah.

Bahan-bahan makanan ini kaya akan serat berharga yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Sedangkan untuk makanan ringan, pilih sayuran mentah, buah segar, dan kacang tawar.

Kurangi garam

Untuk langkah kurangi garam, sebaiknya Kamu perlu batasi asupan garam hingga 5 gram per hari, atau setara satu sendok teh.

Saat memasak, gunakan sedikit garam dan kurangi penggunaan saus asin dan bumbu seperti kecap, kaldu, atau kecap ikan.

Kalau ingin mengonsumsi makanan kalengan atau kering, pilih jenis sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan, tanpa tambahan garam dan gula.

Ingat, periksa label pada makanan dan pilih produk dengan kandungan natrium lebih rendah, ya!

Nah, untuk Kamu yang ingin menambah rasa, penggunaan garam pada masakan bisa diganti dengan herbal dan rempah segar atau kering.

Batasi penggunaan mentega dan minyak

Untuk langkah ini, Kamu bisa mengganti mentega dengan lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, kedelai, bunga matahari, atau minyak jagung untuk memasak.

Disarankan untuk memasak dengan mengukus atau merebus, lalu hindari makanan yang diproses dengan dipanggang atau digoreng, yang mengandung lemak trans dan produk pabrikan.

Untuk susu, pilihlah susu dan produk susu rendah lemak. Sedangkan daging, pilihlah daging putih seperti unggas dan ikan, yang umumnya rendah lemak, daripada daging merah. Buang lemak dari daging dan batasi komsumsi daging olahan.

Batasi gula

Kamu bisa memulai batasi makanan dan minuman manis seperti minuman bersoda, jus buah, minuman berenergi, teh dan kopi siap minum, juga susu beraroma.

Kamu bisa hindari camilan manis seperti biskuit, kue, dan coklat. Pastikan juga makanan penutup yang rendah gula dan konsumsi dalam porsi kecil, ya!

Air putih

Kamu bisa mengganti minuman manis dengan air putih, lho sebagai cara sederhana membatasi asupan gula dan kalori berlebih.

Hindari alkohol

Kamu perlu tahu bahwa alkohol bukanlah bagian dari pola makan sehat.

Minum alkohol tidak akan melindungi tubuh dari COVID-19, bahkan bisa membahayakan tubuh.

Risiko kerusakan hati, kanker, penyakit jantung, dan penyakit mental bisa terjadi jika Kamu sering mengonsumsi alkohol.

Baca juga, Traincation ke Bandung, Yuk Wisata Kuliner

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here