Olahan Pisang

Selain digunakan untuk bahan dasar olahan kue, minuman, atau makanan cemilan, pisang juga menjadi salah satu buah yang banyak digemari masyarakat.

Nah, selain rasanya yang lezat, pisang juga kaya akan kandungan nutrisi dan fleksibel sebagai bahan olahan pangan yang menyebabkan buah berkulit ini jadi pilihan, lho! 

Dengan bermacam olahan makanan dan minuman, pisang biasanya dipertimbangkan untuk menyimpannya dikulkas, bukan? Namun sebenarnya menyimpan pisang dikulkas adalah cara yang benar atau salah, sih?

Jeffrey Brecht, ahli fisiologi pascapanen di University of Florida, menyarankan bahwa sebaiknya untuk tidak menyimpan pisang di kulkas.

Dikutip dari laman, Best Food Facts, Brecht menjelaskan pisang merupakan buah tropis yang sangat sensitif terhadap suhu dingin.

“Bahkan dalam beberapa jam di subuh di bawah 14 derajat Celcius bisa mempengaruhi pisang dan kebanyakan kulkas diatur di suhu 1-5 derajat,” kata Brecht.

Paparan suhu dingin akan langsung membuat warna pisang berubah serta tampilan pisang juga makin gelap.

Selain itu, pisang yang didinginkan akan kehilangan aroma sehingga mengurangi kenikmatan saat disantap. Kamu pun tidak bisa memperoleh nutrisi pisang secara penuh sebab paparan suhu dingin menghilangkan kandungan vitamin C pisang.

Dilansir dari laman, Independent, pisang tidak memiliki pertahanan terhadap suhu dingin pada dinding selnya. Saat terpapar suhu dingin, sel pecah sehingga enzim pencernaan buah keluar dari sel sehingga kulit pisang menghitam.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menyimpan pisang di kulkas?

Seperti yang juga dikatanya Brecht bahwa pisang bisa disimpan di kulkas atau lebih tepatnya freezer untuk kemudian diolah menjadi kue atau olahan pangan lain.

Pisang terlebih dahulu dikupas dan dihaluskan bersama sedikit perasan lemon. Pasalnya, perasan lemon bakal mencegah adonan pisang berubah kecokelatan. Kamu juga perlu meletakkan pisang dalam wadah atau kantong khusus freeze, ya!

Kamu juga tidak perlu khawatir jika pisang di kulkas terlanjur menghitam, sebab pisang tetap bisa dimanfaatkan. Juri Masterchef US, Christina Tosi dari Milk Bar berkata pisang hitam ini ia olah jadi pai krim pisang.

“Untuk mendapatkan rasa pisang paling intens adalah menggunakan pisang yang sudah matang hingga benar-benar hitam dan lembek. Anda tidak boleh takut dengan pisang pada tahap ini,” ujar Christina, dikutip laman, My Recipes.

Baca juga, Cobain Resep Kue Berbahan Yogurt Yang Mudah dan Praktis!

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here