Kuliner Khas Indonesa

Kuliner khas Indonesia dari sabang sampai merauke menyajikan berbagai makanan lezat. Terkenal dengan berbagai rempah khas, kuliner Indonesia rupanya masuk daftar makanan terenak di Dunia, lho!

Berbagai macam kuliner khas Indonesia rupanya dapat memikat berbagai warga negara asing, bukan hanya Asia melainkan Dunia. Dikutip dari beberapa sumber, berikut 6 kuliner khas Indonesia yang sudah mendunia.

Tempe

Salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia adalah Tempe. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini rupanya banyak diproduksi di Negara lain, lho! Bahkan, pencinta tempe di luar negeri menjulukinya sebagai magic food alias makanan ajaib.

Salah satu orang yang paling berperan dalam membawa tempe menembus dunia adalah Rustono. Seorang pengusaha tempe sukses di Jepang.

Sumber Foto: Pinterest

Tempe hasil produksinya tidak hanya beredar di Jepang, tetapi tempe yang dilabeli merek Rusto’s ini juga sudah menembus pasar dunia seperti, Meksiko, Korea, Brasil, Polandia, dan Hongaria.

Indonesia sendiri sudah mengajukan tempe ke dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO sejak beberapa tahun lalu. Namun demikian, perjalanan untuk masuk ke list itu tampaknya harus sedikit lebih panjang lagi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid, tempe sudah pernah dibahas dalam sidang tingkat nasional untuk diajukan ke UNESCO. Tapi, tim penilai waktu itu memutuskan gamelan yang akan diajukan.

Rendang

Rendang termasuk yang terdepan disukai banyak Negara, karena pernah terpilih sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Sumber Foto: Pinterest

Makanan tradisional yang berasal dari Minangkabau atau Sumatra Barat ini sudah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN International sejak 2011, lho!

Dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama, rendang juga dapat disimpan dalam waktu lama sehingga sering dijadikan stok makanan.

Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Pamor rendang makin mendunia saat chef terkenal Gordon Ramsay datang langsung ke Sumatra Barat untuk belajar memasak rendang, dan ditayangkan di program televisi National Geographic Channel di tahun lalu.

Nasi Goreng

Selain rendang, kuliner Indonesia yang beberapa kali masuk daftar sebagai makanan terenak di dunia adalah nasi goreng.

Sumber Foto: Pinterest

Nasi goreng sempat berada di posisi atas pada 2017, meskipun tahun ini tak masuk daftar CNN’s World’s 50 Best Foods, saat itu makanan ini berada di posisi kedua setelah rendang.

Berdasarkan pilihan pembaca, nasi goreng Indonesia meraih suara jauh lebih banyak dari pada nasi goreng Thailand yang ada di peringkat 23.

Makanan yang berbahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan berbagai bumbu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Namun, seiring berjalannya waktu, nasi goreng semakin banyak varian rasa, di antaranya nasi goreng telur, ikan asin, ayam, dan lain sebagainya.

Satai

Satai atau sate menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang berhasil masuk daftar makanan terenak di dunia menurut CNN World’s Best Foods 2017.

Sumber Foto: Pinterest

Makanan yang umumnya menggunakan bahan dasar daging ayam atau kambing ini pastinya punya cita rasa yang lezat. Tak heran, makanan yang biasa dihidangkan dengan sambal kacang ini sangat digemari oleh semua kalangan bahkan diberbagai Negara.

Lumpia

Jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, lumpia sudah resmi diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014 lalu.

Sumber Foto: Pinterest

Dilansir dari laman Kemendikbud RI, lumpia terdaftar di UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya TakBenda Indonesia Nomor Registrasi 201400132.

Lumpia merupakan spring roll (kue gulung) memiliki bahan utama rebung, rasanya gurih manis dan dimakan dengan saus kental agak manis dengan acar mentimun, cabai rawit, dan daun bawang.

Lumpia Meski berasal dari budaya Tiongkok, tapi cita rasanya telah dimodifikasi sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Roti gambang

CNN merilis daftar 50 roti terenak di dunia pada 2019 lalu dan yang masuk di dalam daftarnya yaitu Roti gambang. Dikenal sebagai jajanan tempo dulu, roti peninggalan Belanda ini menempati posisi ke-19.

Roti gambang memiliki ciri khas berbentuk balok dengan warna kecoklatan dari gula merah dan taburan wijen di atasnya.

Kuliner Khas Indonesa
Sumber Foto: Pinterest

Dilansir dari laman Sari Husada dan Enjoy Jakarta (Dinas Pariwisata DKI Jakarta), roti gambang merupakan makanan yang hampir punah.

Gambang sebenarnya sejenis dengan kue bolu, tapi bedanya roti gambang tidak menggunakan gula putih. Roti ini menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya. Bahan lainnya terdiri dari tepung, margarin, telur, bubuk kayu manis, susu, serta bahan lainnya.

Makanan ringan ini merupakan warisan dari zaman Belanda yang mempunyai cita rasa yang unik dan khas, lho!

Baca juga, Begini Perbedaan Garam Murni dan Garam Laut

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here