Hotel

Sebelum memesan Hotel untuk staycation dimasa pandemi ini, sepertinya Diva travelling harus memperhatikan beberapa hal terkait keamanan, nih!

Yang terpenting adalah pastikan Hotel yang Kamu pesan telah menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Diva travelling juga harus memperhatikan hal lain yang dirangkum pada laman Kompas.com dibawah ini. Simak, ya!

Cari yang tidak terapkan sistem buffet

Untuk pilihan Hotel yang menerapkan sistem buffet sebelum pandemi, Kamu harus pastikan Hotel tersebut tidak menerapkannya selama new normal. Sehingga makanan diambilkan langsung oleh staf Hotel agar mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

Selain itu, staf Hotel yang mengambilkan makanan sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar hotel, sehingga Diva travelling bisa menyantap makanan dengan aman.

Ada layanan antar makanan ke kamar

Diva travelling bisa pilih penginapan yang menyediakan layanan antar makanan ke kamar, jika Kamu masih ragu untuk makan di restoran Hotel walaupun hidangan diambilkan langsung oleh staf.

Kemudian Kamu dapat pastikan makanan dan peralatan yang diantar dibungkus plastik. Kamu juga harus memperhatikan staf yang mengantar makanan menggunakan sarung tangan, masker, dan penutup wajah, ya!

Bawa peralatan makan sendiri

Untuk menjamin keamanan, Diva travelling bisa membawa peralatan makan sendiri meskipun Hotel menyediakan peralatan makan bagi tamu.

Sumber Foto: Pinterest

Selain memberimu rasa aman, peralatan makan pribadi juga dapat digunakan jika Kamu ingin mencicipi kuliner di tempat makan sekitaran Hotel, lho!

Aliran udara yang baik

Selanjutnya yang perlu Kamu perhatikan adalah kamar Hotel harus memiliki aliran udara yang baik untuk kesehatan sebelum menyewa kamar.

Jangan lupa untuk bertanya seperti apa aliran udara di kamar Hotel yang akan Kamu pilih, apakah ventilasi cukup besar atau kamar memiliki jendela. Kemudian pastikan jendela bisa dibuka untuk meningkatkan pertukaran udara dari luar ruangan, ya!

Lokasi Hotel di zona aman Covid-19

Jangan lupa memperhatikan zona aman Covid-19 di Hotel yang ingin Kamu pesan. Kamu perlu mencari informasi apakah daerah Hotel dalam zona merah, orange, atau hijau.

Ada baiknya, Kamu tetap berjaga-jaga meskipun Hotel tetap dalam keadaan aman jika berada di zona merah lantaran protokol kesehatan yang diterapkan sesuai standar.

Jika merasa kurang aman, Kamu bisa menginap di destinasi wisata lain yang masuk ke zona oranye atau zona hijau.

Ada pembatasan tamu pada fasilitas hotel

Berhubung beberapa Hotel sudah membuka fasilitas pusat kebugaran dan kolam renang, Kamu perlu pastikan Hotel membatasi tamu yang ingin memanfaatkan fasilitas.

Namun, jika fasilitas Hotel belum dibuka, Kamu bisa hubungi pihak Hotel untuk mencari informasi seputar fasilitas apa saja yang sudah dibuka dan ketentuannya seperti apa.

Tamu bawa sendiri barangnya ke kamar

Untuk menjaga keamanan, sebaiknya Kamu bisa membawa sendiri barang bawaan ke kamar, walaupun Hotel memiliki layanan antar barang meski staf Hotel sudah sesuai standar protokol kesehatan.

Punya informasi soal syarat kunjungan

Beberapa destinasi wisata mungkin mewajibkanmu untuk memiliki hasil negatif rapid antibodi/antigen, swab PCR, atau GeNose sebelum memasuki wilayah tersebut.

Apabila Kamu hendak menginap di suatu destinasi wisata, Kamu bisa tanya dulu ke pihak Hotel apakah daerahnya mewajibkan pengunjung dari luar daerah untuk memenuhi syarat tersebut.

Jika pengunjung dari luar daerah wajib memenuhi syarat, pastikan apakah syarat tersebut adalah rapid antibodi/antigen, swab PCR, atau GeNose agar Kamu tidak salah membawa berkas.

Pastikan Hotel terapkan protokol kesehatan

Diva travelling bisa menghubungi pihak Hotel untuk bertanya lebih lanjut seperti apa sistem penginapannya demi menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Jika perlu, kamu bisa bertanya apakah hotel sudah tersertifikasi CHSE atau belum.

Sertifikasi CHSE merupakan sertifikasi protokol kesehatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adanya sertifikasi CHSE pada sebuah Hotel menandakan bahwa penginapan tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar.

Meskipun hotel sudah menerapkan protokol kesehatan, Diva travelling tetap wajib menjalankan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Baca juga, Dapatkan Promo Hotel #DiTiketin di Aplikasi tiket.com

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here