GrabExpress

Grab melalui layanan pengantaran last-mile GrabExpress, telah menjadi sistem pendukung krusial bagi pemerintah Indonesia dengan memberikan pelayanan untuk keperluan administrasi sipil di berbagai lokasi di tanah air.

GrabExpress memungkinkan produktivitas pemerintah tetap berjalan lancar dengan mengirimkan dokumen-dokumen penting untuk keperluan identifikasi nasional dan administrasi sipil, untuk membantu mempertahankan layanan publik yang fundamental ini bahkan selama pandemi ketika mobilitas masyarakat Indonesia masih terbatas.

Kolaborasi dengan pemerintah untuk layanan ini dapat mendukung proses administrasi bagi masyarakat dan memungkinkan mereka untuk menghindari antrian di kantor-kantor pemerintahan.

GrabExpress telah menjadi mitra pilihan bagi beberapa institusi pemerintah untuk menjaga dan mempercepat layanan publiknya. Saat mereka menciptakan inovasi agar operasional mereka tetap berjalan untuk masyarakat, layanan pengantaran Grab hadir untuk memberikan solusi yang mereka butuhkan.

Dalam setahun terakhir, GrabExpress telah bermitra dengan berbagai badan pemerintah, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Satuan Kepolisian Lalu Lintas (Satlantas) kota Medan, dan Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan menunjuk GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK).

GrabExpress mendukung proses administrasi sipil warga Tangerang Selatan menggunakan pengantaran dokumen secara drive-thru. Mitra pengantaran GrabExpress dapat mengirimkan dokumen langsung ke kantor Dukcapil melalui jendela khusus, yang mana hal ini telah menghemat waktu dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan, menjelaskan bahwa pembangunan daerah dan pelayanan publik harus tetap dilakukan di tengah pandemi, “Saya salut dengan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Tangerang Selatan. Saya juga berharap pelayanan publik bisa terus berjalan tanpa harus dilakukan di kantor.”

Selain itu, Polda Jawa Timur juga bekerja sama dengan GrabExpress untuk meluncurkan layanan pengantaran online perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terintegrasi ke dalam aplikasi ‘Base Traffic Semeru’ milik Polda Jawa Timur. Beberapa departemen kepolisian di Sumatera Utara dan Selatan juga memilih GrabExpress untuk pengantaran dokumen mereka.

Satlantas kota Medan juga memberikan layanan pengantaran Surat Izin Mengemudi (SIM) langsung ke rumah warga. Kemitraan ini memberikan kemudahan bagi warga Medan yang ingin memperpanjang masa berlaku atau memperbarui SIM mereka.

Sementara itu, sebagai bagian dari upaya Polres Bengkulu untuk meningkatkan layanan publik, Polres Bengkulu bersinergi dengan Grab meluncurkan layanan pengiriman Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menggunakan GrabExpress, yang pertama di wilayah Sumatera.

Layanan GrabExpress dapat membantu lembaga pemerintah memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari di luar pengantaran dokumen penting. Layanan Grab termasuk kurir, pengantaran makanan dan alat tulis kantor, serta pemesanan transportasi dapat diakses melalui portal Bela Pengadaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Layanan GrabCar, GrabBike, GrabFood, dan GrabExpress semuanya terintegrasi dalam platform tersebut untuk memberikan kemudahan administrasi pemerintah.

Pemesanan GrabExpress melalui Web (https://express.grab.com/en/) dalam format portal juga memberikan kemudahan bagi pegawai pemerintahan karena mereka biasanya menggunakan PC atau Laptop selama bekerja.

Layanan pengantaran sesuai permintaan (on-demand) menawarkan pelacakan dokumen penting secara real-time sehingga keamanan penanganan dokumen terjamin. Selain itu, fitur multi-stop GrabExpress dimana pengirim dapat memesan dengan satu titik pengambilan dan mengirimkannya ke lebih dari satu titik pengantaran sekaligus, membuat layanan GrabExpress menjadi pilihan yang lebih hemat dan praktis dari pada memesan beberapa pengiriman secara terpisah.

“Kemitraan kami yang berkelanjutan dengan pemerintah Indonesia yang memungkinkan kami untuk menciptakan efisiensi, produktivitas dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat telah memberikan kepuasan tersendiri. Kami ingin menjadi pilihan terbaik bagi layanan pengantaran on-demand untuk pemerintah, konsumen dan penjual online di seluruh nusantara. Pada saat yang sama, kami juga terus mengoptimalkan kesempatan pendapatan bagi para Mitra Pengemudi, pengantaran dan merchant kami.” tutup Tyas Widyastuti, Director of 2-Wheels & Logistics, Grab Indonesia.

Baca juga, Grab Gandeng Kementerian Investasi, Dukung Percepatan Perizinan dan Peningkatan Daya Saing UMKM

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here