Wisata Gunung Bromo
Sumber Foto: Liputan6

Untuk Diva traveler yang berencana berlibur ke Jawa Timur, Kamu bisa kunjungi wisata Gunung Bromo, lho! Pasalnya, mulai hari ini (24/05) wisata Gunung Bromo kembali dibuka untuk wisatawan.

Dikutip laman, Liputan6, pada masa libur Lebaran 2021 wisata Gunung Bromo sebelumnya ditutup sementara pada 13-23 Mei 2021 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wisata Gunung Bromo yang sudah dibuka kembali ini disampaikan langsung melalui ungguhan di akun Instagram resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nah, sebelum berkunjung ke wisata hits yang satu ini, ada baiknya Diva traveler mengetahui beberapa persyaratannya.

Pertama, Diva traveler harus dalam kondisi sehat dengan menunjukkan surat keterangan sehat yang resmi dari dokter atau hasil Rapid Test yang masih berlaku. Kedua, usia yang diperkenankan untuk memasuk Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah di bawah 60 tahun.

Selanjutnya yang ketiga, ibu hamil dilarang masuk kawasan TNBTS. Keempat, menjaga jarak, tidak berkerumun dan selalu menjaga ketertiban. Kelima, Diva traveler wajib memakai masker. Keenam, Kamu wajib membawa hand sanitizer dan atau sabun cair. Ketujuh, membawa kresek kecil berwarna kuning untuk membuang masker.

Selain itu, sebelum registrasi bagi Diva traveler yang berwisata ke Bromo dan sekitarnya, wajib mencermati tata cara registrasi dengan saksama. SOP kunjungan wisata alam di TNBTS tetap harus dipedomani dan diterapkan secara ketat dan teratur. Pasalnya peraturan dan larangan adalah hal yang harus ditaati oleh calon pengunjung.

Kemudian jumlah pengunjung wisata Gunung Bromo mempertimbangkan daya dukung, daya tampung Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA), pengaturan physical distancing dan protokol kesehatan bagi wisatawan.

Kuota pengunjung Site Bukit Cinta 56 orang/hari, Site Bukit Kedaluh 172 orang/hari, Site Penanjakan 339 orang/hari, Site Mentigen 200 orang/hari dan Site Savana Teletubies 867 orang/hari. Site Sunrise view point, terdiri atas Bukit Cinta, Pananjakan, Bukit Kedaluh, dan Mentigen. Satu karcis berlaku untuk satu Site Sunrise view point dan Site Savana.

Nah, untuk Diva traveler yang memilih Site Savana, hanya dapat ke Site Sunrise view point Gunung Bromo setelah pukul 06.00 WIB. Diva traveler wajib memperhatikan dan menaati pilihan site kunjungan sesuai dengan site pada karcis masuk yang telah dipesan.

Anyway, soal pembayaran, pembelian karcis masuk hanya dapat dilakukan secara online melalui situs ini sesuai dengan ketersediaan kuota. Jadi, tidak ada pembelian langsung atau cash untuk masuk kawasan TNBTS.

Selanjutnya pembayaran hanya bisa dilakukan dengan virtual account dan nominal pembayaran harus sesuai dengan tarif nominal pada booking online.

Ada pula batas waktu pembayaran dua jam, setelah pendaftaran. Kode booking akan hangus jika setelah dua jam tidak membayar dan harus registrasi ulang.

Tidak disarankan membayar pada pukul 23.00 WIB–01.00 WIB untuk mengantisipasi kesalahan atau error pada pembayaran dan pembayaran tidak bisa dilakukan melalui teller bank. Diva traveler juga tidak dapat menjadwal ulang.

Step terakhir, Kamu dapat tunjukkan bukti booking online dengan scan QRcode di pintu masuk.

Selamat berlibur Diva traveler!

Baca juga, Resta Pendopo KM 456, Menjadi Destinasi Wisata Baru di Jawa Tengah

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here