Kuliner Jawa Barat
Sumber Foto: Garvingoei.com

Buat Diva traveler yang hendak berkunjung ke Jawa Barat, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner halal lezat khas Nusantara.

Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang cukup gencar dalam menyediakan serta menggarap pariwisata halal. Salah satunya terdapat beberapa spot kuliner yang telah dinyatakan ‘halal’ oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan memiliki daya tarik tersendiri.

Nah, apa saja, sih kuliner halal khas Jawa Barat yang patut Kamu cicipi? Berikut daftar 5 rekomendasinya dikutip dari laman, Inews.id.

1. Kampoeng Bakery, Bandung

Untuk Diva traveler yang berkunjung ke Bandung dan mencari tempat wisata kuliner halal yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), Kamu bisa mengunjungi Kampoeng Bakery yang terletak di Jalan Gunung Batu, Bandung.

Kampoeng Bakery' Tempat Jajan Roti dan Kue Enak yang Halal di Bandung
Sumber Foto: food.detik

Kampoeng Bakery hadir dengan aneka roti halal dan berkualitas dengan produk-produk unggulan seperti ‘Breadboy’, ‘Miss Donuts’, ‘Bolen KamBeK’, ‘Brownies KamBeK’, ‘Bolu KamBeK’ dan semua jenis ‘Roti Pakai Hati’ yang menjadi ciri khas Kampoeng Bakery.

Proses pembuatan makanan di toko roti tersebut selain menjamin proses pemilihan bahan-bahan yang halal untuk makanannya, peralatan yang digunakan juga tak luput menjadi perhatian di toko roti ini.

Contohnya, kuas yang dipergunakan untuk proses pembuatan roti. Konon, pengelola memastikan untuk tidak menggunakan kuas berbahan dasar bulu binatang, melainkan menggunakan kuas berbahan dasar nilon untuk menjamin kehalalan proses produksi

2. Bogor Permai Bakery & Restaurant (Boper)

Boper atau kepanjangan dari Bogor Permai Bakery & Restaurant Mmrupakan salah satu spot kuliner legendaris yang ada di Bogor. Bagaimana tidak, restoran ini telah ada sejak tahun 1963 dengan lokasi yang sama semenjak pertama kali berdiri yaitu di Jalan Jenderal Sudirman No.23 A, Bogor.

Cake stall - Gambar Bogor Permai Bakery & Restaurant - Tripadvisor
Sumber Foto: Tripadvisor

Memiliki menu khas Roti Keset dan Roti Caramel, restoran yang akrab disebut Boper ini selalu ramai oleh pengunjung yang tidak hanya ingin merasakan kelezatan dari menu cake & patissiery-nya, tetapi juga menu makanan berat seperti Ayam Goreng Bogor Permai, Lontong Cap Go Meh, dll.

Selain itu Boper juga telah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan merupakan salah satu spot kuliner halal kondang yang berada di area Jawa Barat khususnya Bogor

3. Sate Maranggi Hj. Yetty, Purwakarta

Ketika Diva traveler sedang berada di Purwakarta, pastikan Kamu mencicipi kuliner khas, yaitu Sate Maranggi. Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Maranggi memiliki ciri khas yaitu sate yang terbuat dari daging sapi dan setiap tusuknya yang hanya terdiri dari 3 daging dengan ukuran jumbo.

Sate Maranggi, Kuliner Wajib di Jalur Selatan - Travel Tokopedia

Salah satu destinasi Sate Maranggi di Purwakarta yang paling terkenal adalah Sate Maranggi Hj. Yetty yang berlokasi di Jalan Raya Cibungur Purwakarta, Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Terkenal dengan empuk dan lezatnya daging sate yang ditawarkan, Sate Maranggi Hj. Yetty juga menawarkan es kelapa yang segar dan nikmat. Sate Maranggi Hj. Yetty juga termasuk salah satu spot kuliner halal yang ada di Jawa Barat.

4. Nasi Jamblang Ibu Nur, Cirebon

Salah satu spot kuliner wajib untuk Kamu kunjungi saat berada di Cirebon, yaitu Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Cirebon.

Cari Kuliner Enak di Cirebon Buat Sarapan? Berikut 5 Tempat Populer Rekomendasinya - Tribun Travel
Sumber Foto: Tribunnews

Nasi Jamblang ini memang salah satu kuliner khas Cirebon. Keunikan dari Nasi Jamblang terletak pada penyajiannya yang menggunakan daun dari pohon jati sebagai alas yang sekaligus memberikan aroma dan rasa tersendiri yang membuatnya semakin lezat.

Spot kuliner Nasi Jamblang yang paling terkenal tentu saja Nasi Jamblang Ibu Nur. Keistimewaan Nasi Jamblang Ibu Nur terletak pada lauk-pauk yang sangat lezat, ditambah dengan sambal super merah khas yang semakin menambah kenikmatan Nasi Jamblang.

Oh, ya nasi Jamblang Ibu Nur ini juga telah bersertifikasi Halal, sehingga menjadi salah satu spot kuliner halal recommended yang ada di Jawa Barat.

5. Mie Baso Laksana, Tasikmalaya

Dikenal dengan sebutan ‘Kota Seribu Bakso’, namun terdapat satu tempat untuk mencicipi lezatnya Bakso di Tasikmalaya yang sangat terkenal, yaitu Mie Baso Laksana.

Mencicipi Dua Mie Bakso Legendaris dari Tasikmalaya: Mie Bakso Laksana dan Gunung Pereng – Garvin Goei
Sumber Foto: Garvingoei.com

Mie Baso Laksana ini terletak persis di belakang Masjid Agung Tasikmalaya tepatnya di Jalan Pemuda No. 5 Kota Tasikmalaya yang harus Kamu coba ketika berkunjung ke Tasikmalaya.

Berdiri sejak 1955, Mie Baso Laksana diakui memiliki cita rasa yang sama sekali tidak berubah sehingga tetap terjaga keotentikannya.

Selain itu keunikannya adalah penyajian makanannya yang mengadopsi metode penyajian mie dan bakso ala China yang disebabkan oleh pemilik restoran yang merupakan sosok keturunan Tionghoa.

Sempat diisukan kehalalannya, Mie Baso Laksana ini telah mendapatkan sertifikasi halal resmi dari MUI sehingga Kamu tidak perlu khawatir.

Baca juga, Kuliner Khas Lamongan, Sego Boranan Jadi Incaran Para Wisatawan

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here