Olahan Bayam
Sumber Foto: Yummy

Mengonsumsi makanan bergizi selama Ramadan sangat bermanfaat karena energi yang didapatkan juga mengandung banyak nutrisi dan akan baik untuk tubuhmu. Jangan khawatir, makan makanan sehat tidak harus mahal, lho! Bayam adalah salah satu contoh sayuran yang bergizi dan harganya juga terjangkau.

Bayam juga bisa digunakan dalam berbagai resep seperti yang dilakukan oleh Ayudia Bing Slamet di video terbarunya.

Berikut 5 resep bayam super enak lainnya yang dijamin bikin kamu makin cinta sama sayur ini! Semua bahan yang digunakan dalam resep ini bisa didapatkan dengan mudah dari rumah.

Kamu bahkan boleh sambil mengasuh anak di rumah sekaligus multi-tasking berbelanja bahan masakan, Ya! #Bisalah berkat GrabMart! Yang lebih menarik produknya juga #DiJaminMurah.

Selama Ramadan ada diskon hingga 30% di supermarket favorit kamu di GrabMart. Masukkan kode promo GMAYUDIA sebelum check out, ya! Kode ini berlaku hingga 30 Juni 2021.

Mac n Cheese dengan Bayam

pasta with green leaf on white ceramic plate

Tambahkan bayam ke Mac n Cheese yang lezat, dan voila, kamu dapat menikmati makanan yang super enak dan juga bergizi! Tidak ada yogurt dan keju cheddar di dapur?

GrabMart siap membantu! Dengan klik beberapa kali saja di aplikasi, bahan-bahan yang kamu inginkan sejam sampai di rumah kamu. Dijamin!

Bahan-bahan:

– 16 ons makaroni
– 4 cangkir daun bayam muda
– 1 siung bawang putih
– 8 ons keju cheddar dan parmesan parut
– 1 sendok makan minyak zaitun
– 1⁄2 sendok teh mustard tumbuk
– 1⁄2 sendok teh kunyit
– 1⁄2 sendok teh garam
– Lada hitam
– 1 cangkir yogurt

Cara masak:

● Panaskan panci besar berisi air mendidih dan beri garam. Masak pasta sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan. Siapkan saringan di wastafel dan letakkan daun bayam di saringan. Saat pasta sudah matang, angkat dari api dan tiriskan pasta ke dalam saringan, biarkan air mendidih dari pasta membuat bayam menjadi layu.

● Sementara itu, cincang bawang putih dan parut keju cheddar dan parmesan

● Saat pasta sudah matang, panaskan minyak zaitun dengan api sedang dalam wajan besar. Tambahkan mustard bubuk, kunyit dan bawang putih, tumis selama 1 menit hingga bawang putih harum. Tambahkan pasta dan bayam ke dalam wajan dan aduk hingga rata.

● Tambahkan keju cheddar dan parmesan lalu aduk hingga keju meleleh dan tercampur rata. Tambahkan garam dan lada hitam. Angkat pas dari apu dan tambahkan yogurt.

● Sajikan saat masih hangat!

Bakso Bayam Goreng

brown cookies on white ceramic bowl

Ayudia membuat telur dadar karena ia tahu semua orang pasti suka. Bakso goreng juga merupakan favorit semua orang. Jadi, yuk tambahkan bayam di resep bakso goreng kamu supaya lebih menarik dan tentunya bergizi!

Bahan-bahan:

– 450 gram daging giling
– 300 gram bayam beku cincang
– 1⁄2 cangkir bawang bombay cincang
– 4 siung bawang putih, cincang
– 1 butir telur

– 1⁄2 sendok makan garam
– 1⁄2 sendok makan basil kering
– 1⁄4 sendok makan merica
– 1⁄4 sendok makan oregano

Cara masak:

● Cairkan bayam beku dan peras kelebihan airnya menggunakan kain katun tipis atau tisu. Pastikan untuk benar-benar memeras kelebihan air karena apabila masih tersisa air pada bayam, bakso akan hancur.

● Campurkan daging giling, bayam, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, merica, basil, dan oregano dengan tangan sampai tercampur rata.

● Lalu buat bakso dari campuran daging, 4 per porsi (jadi 16 bakso untuk 4 porsi)

● Goreng bakso dalam wajan hingga warnanya kecoklatan. Sajikan hangat!

Es Krim Lolly Bayam

Putra Ayudia, Sekala, dan anak-anak lainnya pasti akan ketagihan dengan menu es krim berbahan dasar sayuran ini!

Bahan-bahan:

– 1 1⁄2 cangkir nanas (segar atau beku)
– 1⁄2 pisang
– 3⁄4 cangkir santan
– 1⁄2 – 1 cangkir bayam
– 1 buah jeruk nipis

Cara masak:

● Blender semua bahan hingga halus
● Tuang ke dalam cetakan es
● Bekukan di dalam lemari es

Puding Roti Bayam dan Bawang Putih

Kamu bisa mengganti roti baguette dengan roti yang hampir kadaluarsa di rumah kamu untuk mengurangi terjadinya makanan sisa. Ini adalah cemilan yang sehat dan enak dan cocok untuk buka puasa.

Bahan-bahan:

– 2 sendok makan mentega tawar
– 15 ons bayam muda, buang batangnya
– 2 sendok makan air
– 1 siung bawang putih kecil, cincang

– Garam dan merica
– 250 gram roti baguette, buang kulitnya, potong dadu berukuran 1⁄4 inci
– 2 butir telur berukuran besar
– 3⁄4 cangkir krim kental
– Buah pala, diparut

Cara masak:

● Panaskan oven sampai 165 derajat celcius. Olesi loyang dengan mentega. Dalam wajan besar, lelehkan 1⁄2 sendok makan mentega dengan api sedang. Tambahkan bayam, air dan bawang putih, bumbui dengan garam dan merica, aduk beberapa kali. Tutup dan masak bayam hingga layu sekitar 2 menit.

● Letakkan saringan di atas mangkuk dan tiriskan bayam; berikan tekanan sedikit pada bayam untuk memeras airnya kira-kira 1⁄4 cairan. Sebarkan bayam di atas loyang hingga dingin.

● Panaskan sisa 1 1⁄2 sendok makan mentega di wajan besar. Tambahkan roti yang telah dipotong dadu dan masak dengan api sedang sampai bagian bawahnya berwarna kecoklatan, sekitar 3 menit. Aduk dan lanjutkan memasak roti hingga garing, sekitar 2 menit. Pindahkan roti ke piring hingga dingin.

● Dalam mangkuk, kocok telur dengan krim, sisa cairan masak bayam. 1⁄2 sendok teh garam, 1⁄8 sendok teh merica dan pala. Masukkan bayam dan tuangkan campuran ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Tambahkan roti yang sudah di garing secara merata diatasnya.

● Tempatkan loyang di dalam wajan pemanggang dan tuangkan air panas secukupnya ke dalam wajan hingga mencapai sepertiga sisi loyang. Panggang puding roti selama 35 hingga 40 menit. Biarkan puding agak dingin, lalu puding roti siap disantap

Spicy Sigeumchi Namul

Masakan Korea menjadi sumber inspirasi bagi Ayudia. Kita juga bisa mencoba membuat masakan Korea yang mudah dengan bayam. Namul adalah istilah yang mengacu pada hidangan sayuran berbumbu, dan sigeumchi berarti bayam dalam bahasa Korea.

Bahan bahan Korea ini bisa didapatkan di supermarket yang sudah terhubung dengan GrabMart, seperti Hypermart, Lotte Mart, Ranch Market, dan Farmers Market.

Mendapatkan bahan bahan unik terasa jauh lebih mudah karena GrabMart sudah terhubung dengan ribuan toko di seluruh Indonesia.

Bahan-bahan:

– 1 ikat bayam sekitar 10 ons
– 1 daun bawang cincang

– 2 hingga 2 sendok teh gochujang (pasta cabai merah Korea)
– 2 sendok tek kecap
– 1 sendok teh bawang putih cincang
– 1⁄2 sendok teh gula pasir
– 1 sendok teh minyak wijen
– 1 sendok teh biji wijen

Cara masak:

● Potong akar bayam. Cuci bersih hingga tidak ada sisa-sisa kotoran. Rebus bayam dalam air mendidih yang sudah diberi garam hingga layu, sekitar 20 sampai 30 detik.

● Keluarkan bayam dari panci dengan cepat dan masukkan ke air es untuk menghentikan proses memasak.

● Tiriskan dan peras kelebihan air. Potong bayam secara memanjang kira-kira berukuran 9 cm.

● Tambahkan sisa bahan dan aduk semuanya merata, pisahkan potongan bayam yang menggumpal. Diperlukan waktu sekitar 10 menit agar bumbu meresap ke dalam bayam.

Selamat berbelanja dan nikmati eksperimen-eksperimen seru memasak dengan bayam!

Baca juga, Cobain 5 Resep Menu Sahur Yang Simpel dan Lezat

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here