Traveldiva – Mendekati Hari Raya Idulfitri 1445 H, masyarakat Indonesia kembali sibuk dengan persiapan untuk tradisi mudik Lebaran. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia memperkirakan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama musim Lebaran 2024 dapat mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 193,6 juta orang. Seiring dengan mendekatnya musim mudik dan liburan, Traveloka, platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, membagikan tren terkait mudik dan libur Lebaran 2024.
Iko Putera, CEO of Transport Traveloka mengatakan,“Jelang persiapan libur Lebaran, Traveloka melihat konsumen mulai merencanakan perjalanan mereka sedini mungkin, bahkan sejak bulan Februari. Tidak hanya produk transportasi, namun produk akomodasi juga mengalami peningkatan pemesanan, menandakan tren staycation masih menjadi favorit. Selain itu, momentum Lebaran ini juga dimanfaatkan konsumen untuk berlibur ke sejumlah atraksi wisata.”
Sebagai bentuk persiapan menyambut liburan Lebaran, Traveloka juga terus memperkuat infrastruktur untuk memastikan konsumen dapat menikmati perjalanan dan liburan yang aman dan nyaman. Iko menambahkan, “Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik, Traveloka dengan lini produk yang lengkap mulai dari transportasi (Pesawat, Kereta Api, Bus & Travel), Akomodasi hingga Xperience, terus berkoordinasi intensif dengan para mitra guna memastikan ketersediaan inventori. Kesiapan kami dalam menyambut momentum mudik juga mencakup persiapan khusus pada tim customer service dalam hal operasional menangani berbagai kebutuhan dan menjawab pertanyaan konsumen.”
Tren mudik dan libur Lebaran dari Traveloka
Pada tahun 2024, Traveloka mencatat peningkatan signifikan dalam tren pemesanan tiket transportasi, akomodasi, dan atraksi selama bulan Ramadan, dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Data internal Traveloka menunjukkan lonjakan dalam pencarian transportasi, terutama tiket pesawat ke destinasi populer seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali, yang naik dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok juga meningkat.
Moda transportasi darat seperti kereta api, bus, dan travel tetap menjadi pilihan utama masyarakat, terutama di wilayah lintas pulau Jawa. Pencarian tiket bus dan travel untuk periode Lebaran meningkat hampir 12 kali lipat, sementara pencarian tiket kereta api meningkat lebih dari 30 kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Destinasi domestik yang paling diminati termasuk Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bandung, Cirebon, Bandar Lampung, dan Padang. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum darat yang tinggi selama musim mudik, Traveloka telah berkolaborasi dengan Cititrans untuk menambah rute bus baru, seperti Jakarta – Semarang – Solo – Yogyakarta dan Jakarta – Surabaya – Malang, yang dapat diakses melalui website atau aplikasi Traveloka.
Selanjutnya, data internal Traveloka memperlihatkan variasi puncak arus mudik dan arus balik berdasarkan pembelian tiket. Untuk moda transportasi pesawat, puncak keberangkatan terjadi pada 5-6 April 2024, dengan arus balik pada 14-15 April 2024. Sementara untuk kereta api, puncak keberangkatan terjadi pada 5-8 April 2024 dan arus balik dimulai dari 13-15 April 2024. Sedangkan untuk bus dan travel, Traveloka mencatat lonjakan keberangkatan pada 3-8 April 2024 dan arus balik pada 13-15 April 2024.
Peningkatan pencarian di sektor transportasi diikuti dengan pertumbuhan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran, meningkat lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jenis akomodasi seperti hotel bintang 4 menjadi yang paling diminati, baik untuk staycation di dalam kota maupun perjalanan liburan di luar kota. Destinasi seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang menjadi favorit bagi konsumen yang mencari akomodasi selama masa mudik dan libur Lebaran 2024.
Traveloka juga mencatat minat pencarian akomodasi di destinasi internasional meningkat hingga hampir 50% selama periode minggu libur Lebaran, dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Negara-negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong menjadi tujuan utama selama libur Lebaran 2024.
Momentum libur Lebaran juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai atraksi wisata. Peningkatan pencarian terutama terlihat pada kategori taman wisata dan taman bermain, meningkat hingga 2 kali lipat. Umumnya, masyarakat di ibu kota cenderung melakukan perjalanan keluar kota atau negeri saat libur Lebaran. Ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luar kota Jakarta yang ingin menjadikan Jakarta sebagai destinasi liburan, mengingat harga tiket pesawat dan moda transportasi lainnya cenderung lebih terjangkau.
Fenomena ini diikuti dengan meningkatnya angka wisatawan dari luar Jakarta, dimana tempat-tempat wisata populer seperti Dufan – Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kidzania, masih menjadi tempat wisata favorit konsumen, dengan beberapa tempat wisata lain seperti Tari Kecak Pura Uluwatu (Bali) dan Jatim Park (Malang). Pemilihan paket tur wisata juga mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dengan destinasi populer meliputi Labuan Bajo, Kintamani, Kepulauan Seribu, Ubud dan Borobudur (Punthuk Setumbu).
Wujudkan perjalanan lebih nyaman dengan Traveloka
Menyambut traffic mudik dan libur Lebaran yang diprediksi akan padat, Traveloka menjalin kolaborasi dengan Kopi Kenangan dan mitra shuttle ternama, yaitu Jackal Holidays dan Areon. Dengan kerja sama ini, Traveloka menyediakan pilihan titik naik dan turun yang strategis, sehingga lebih mudah diakses dan memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen. Konsumen bisa memilih beberapa titik, di antaranya dengan Jackal Holidays dari Virtual Point Kopi Kenangan Shell Kesambi (Cirebon) tujuan Bandung pool Jackal Holidays (Dipati Ukur & Pasteur) atau dengan Areon dari Kopi Kenangan Antapani (Bandung) dengan tujuan pool Areon di Jakarta (Setiabudi & Kuningan area).
Perjalanan konsumen pun akan semakin berkesan dengan pilihan menu minuman segar dari Kopi Kenangan. Pelanggan dapat menikmati minuman favorit sambil menunggu penjemputan shuttle di berbagai lokasi strategis di kota-kota seperti Bandung dan Cirebon yang merupakan dua top destinations untuk transportasi darat khususnya shuttle.
Ananditha Mayasari, AVP, Head of Marketing, Kopi Kenangan, mengatakan, “Kami senang bisa bekerja sama dengan Traveloka untuk mendampingi para pemudik dan traveler dalam melakukan perjalanan di musim mudik Lebaran 2024. Kolaborasi ini pun sejalan dengan upaya Kopi Kenangan dalam menghadirkan gerai di titik-titik strategis di jalur mudik seperti rest area pada jalan tol Pulau Jawa untuk menemani para pemudik dalam beristirahat di tengah perjalanan panjang.”
Tidak hanya menghadirkan solusi perjalanan melalui berbagai produk dan layanan, Traveloka juga menjawab kebutuhan konsumennya melalui inovasi fitur serta penawaran menarik. Hal ini terwujud dalam program bertajuk Promo Rama dan Kenyamanan yang menawarkan diskon hingga 50% untuk berbagai produk perjalanan (Pesawat, Akomodasi, Bus, Kereta Api, dan Xperience). Konsumen dapat mengakses penawaran ini melalui aplikasi dan website Traveloka hingga 21 April 2024.
Memahami tingginya minat bepergian ke luar negeri yang lebih rentan dengan berbagai risiko, salah satunya perolehan Visa, Traveloka juga menghadirkan fitur Perlindungan Visa. Dengan fitur ini, konsumen tak perlu khawatir akan kendala Visa ditolak, karena Traveloka menjamin biaya perjalanan akan kembali 100% sesuai dengan syarat dan ketentuan. Informasi lebih lanjut mengenai fitur Perlindungan Visa bisa didapatkan di situs resmi Traveloka.