Kita cenderung menganggap energi rendah sebagai masalah fisik. Tetapi, kenyataannya adalah bahwa mengalami tingkat energi yang rendah, terutama secara berkelanjutan dapat mulai memengaruhi kesejahteraan kita yang lebih luas, termasuk kemampuan kita untuk menjadi produktif dan mencapai tujuan yang kita inginkan ketika beraktivitas di luar dari hari ke hari.

So, dikutip dari laman, Olivemagazine, berikut dibawah ini ada beberapa dasar peningkatan energi terbaik untuk membantu Kamu merasa berenergi tiap hari!

Hidrat

Ini mungkin tampak tidak signifikan, tetapi hidrasi penting dalam hal energi.

Top view of glasses on the pink background

Misalnya, Kamu tahu gak, sih bahwa air menyumbang sekitar 75% massa otak? Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat merusak aspek fungsi otak seperti memori, konsentrasi, dan suasana hati, sementara rehidrasi mengurangi kelelahan, memulihkan perhatian, dan suasana hati yang cerah.

Makan makanan seimbang

Easy Grain Salad Recipe with Pesto Dressing

Makanan untuk menambah energi tidak harus rumit, tapi harus seimbang.

Nah, untuk menambah energi kamu, sepertinya Kamu perlu makanan sehat yang terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat. Karena tubuh membutuhkan bahan mentah ini untuk berfungsi secara optimal.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi langkah terbaik untuk memastikan bahwa Kamu merasa berenergi sepanjang hari adalah memberi makan tubuh dengan nutrisi yang seimbang, lho!

Baca label makanan

Young woman holding a jar of Sun-dried tomatoes in supermarket. She's searching for specific manufacturer.

Yang benar adalah bahwa beberapa makanan akan meningkatkan tingkat energi kita, sementara yang lain akan menghilangkannya, seperti gula.

Sebagai pedoman umum, makanan yang kurang padat nutrisi, yaitu memiliki konsentrasi nutrisi per gram yang lebih rendah cenderung kurang memberi energi.

Kamu perlu pikirkan makanan yang diproses seperti roti kemasan, kue, biskuit, keripik, kue kering, microwave, dan makanan siap saji versus buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan daging.

Yang terakhir dapat bekerja dengan tubuh untuk memberi makan mekanisme energi kita, sementara yang pertama sering kekurangan energi yang memberi nutrisi sementara juga relatif tinggi lemak trans, garam dan juga gula, lho!

Perhatikan asupan gula

Terkadang, makanan manis bisa menjadi lebih baik untuk Kamu dan bisa juga meningkatkan energi tubuh kita. Pasalnya makanan manis merupakan suguhan yang diperlukan.

Coconut Butter Balls

Namun, terlalu banyak gula juga dapat dengan cepat menghabiskan energi Kamu dengan meningkatkan kadar gula darah yang kemudian dapat menyebabkan penyakit di kemudian hari.

Nah, untuk peningkatan energi Kamu dari makanan manis, idealnya Kamu bisa menikmati makanan dengan tambahan serat, protein atau lemak untuk memperlambat pencernaan dan memungkinkan peningkatan gula darah yang lebih stabil.

Mulai bergerak

Home workout

Saat Kamu merasa lelah, sedikit berolahraga dapat membantu menambah energi, terutama bagi Kamu yang menjalani gaya hidup dengan aktivitas yang tidak terlalu memerlukan banyak gerak.

Mulailah sedikit latihan di rumah selama tiga menit, berjalan kaki selama 20 menit, atau lari selama satu jam. Dijamin Kamu bakal menuai manfaat yang energik!

Menilai kembali beban kerja Kamu

Woman rubbing her eyes in front of laptop. Working in home office during Covid-19 lockdown.

Bekerja berlebihan tidak hanya dapat membuat Kamu kelelahan, tetapi banyak dari kita hal itu juga dapat memicu stres.

Dalam jangka pendek, tubuh Kamu dapat melepaskan glukosa ekstra ke dalam sistem untuk memberikan dorongan energi saat stres. Namun mekanisme ini tidak akan dipertahankan saat stres kronis.

Selain itu, stres meningkatkan kortisol, hormon stres tubuh Kamu. Terlalu banyak kortisol dalam sistem tubuh dapat mengganggu tidur Kamu dan siklus hormon lainnya, membuat Kami merasa semakin terkuras energi dalam jangka panjang.

Kelola ekspektasi

To do list for managing expectations

Ketika Kamu merasa terlalu banyak tuntutan dari pekerjaan, keluarga, teman, pekerjaan rumah, energi Kamu dapat mulai berkurang.

Meskipun ekspektasi yang masuk akal dapat menjadi tekanan positif dalam hidup, terlalu banyak tekanan juga dapat menyebabkan stres, dan akhirnya kelelahan, lho!

Jika Kamu merasa kewalahan, mintalah nasihat dari seseorang dengan perspektif luar, seperti teman, anggota keluarga, atau konselor.

Terlalu sering kita menaruh harapan yang sama sekali tidak realistis pada diri kita sendiri, hanya untuk menyadari, sebenarnya tidak perlu demikian.

Luangkan waktu untuk memikirkan tentang kegiatan apa yang paling penting untuk Kamu dan kemudian cobalah untuk melihat bagaimana Kamu dapat mendelegasikan atau meletakkan tugas-tugas lain untuk sementara waktu.

Optimalkan sirklus tidur Kamu

Optimise your sleep cycles

Tidur adalah satu-satunya waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan banyak fungsi penting seperti kekebalan, pengaturan suhu, dan keseimbangan hormon yang diandalkannya sepanjang hari.

Jika siklus peremajaan penting ini tidak terjadi, tingkat energi Kamu di siang hari bisa terganggu.

Meskipun siklus tidur optimal bervariasi menurut usia, The National Sleep Foundation menyarankan bahwa antara 7-9 jam paling baik untuk kebanyakan orang dewasa. Terlalu banyak atau kurang dan itu bisa memengaruhi energi Kamu, lho!

Jangan lupa tertawa

 

Joyous woman infront of wall

Meskipun tertawa merupakan cara tidak langsung untuk meningkatkan energi Kamu, nyatanya tertawa tetap bermanfaat, kok!

Faktanya, tertawa meningkatkan oksigen dalam tubuh, mengurangi perasaan stres, dan merangsang pelepasan zat kimia yang disebut endorfin. Efeknya dapat membuat Kamu merasa lebih baik dan tentunya dapat memberikan rasa energi baru dengan cepat.

Baca juga, Lakukan 5 Hal Ini Agar Aktivitas Kamu Aman Saat Pandemi

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here