Goreme, Cappadocia. (Foto: Sriwulantuty)

SAAT pelesir ke luar negeri, termasuk Cappadocia, saya kerap mengajak orangtua. Hati rasanya bahagia setiap kali melihat orangtua tampak antusias dan bahagia mengikuti rangkaian trip dari destinasi wisata satu ke destinasi lainnya.

Cappadocia adalah kota di Turki yang sempat viral akibat kisah #layanganputus di media sosial. Namun, bepergian ke sana dengan mengajak orangtua berusia 70 tahunan gampang-gampang susah.

Setidaknya ada 5 hal yang perlu diva travelers perhatikan. Berikut tips Travel Diva agar orangtua nyaman pelesir di Cappadocia.

Goreme, Cappadocia. (Foto: Sriwulantuty)

1. Alas Kaki

Sebelum berangkat, siapkan alas kaki yang nyaman bagi orangtua. Pilih sepatu dan sandal yang tidak licin. Jika bepergian di Cappadocia pada musim panas, jangan lupa membawa topi, payung, sunblock, kacamata hitam dan botol air minum untuk mereka.

2. Baju Hangat

Udara malam di Cappadocia cukup dingin. Suhunya sekitar 11 derajat Celsius. Agar orangtua tidak kedinginan, lalu jatuh sakit, bekali mereka baju hangat atau pakaian yang cukup tebal ketika keluar hotel di malam hari.

3. Dampingi saat Berjalan Kaki

Jalan di Cappadocia banyak yang mendaki. Perlu tenaga ekstra selama berjalan di sana. Tugas diva travelers adalah mendampingi dan membantu orangtua saat berjalan di tempat menanjak. Pilihlah tempat berjalan yang dapat membantu orangtua berpijak sambil berpegangan pada tembok atau dinding bangunan. Pegangi atau papah mereka selama berjalan.

4. Sarapan bernutrisi

Hotel biasanya menyediakan roti tawar lengkap dengan pilihan selai, telur, sayuran, buah tomat, zaitun, madu dan keju. Kemudian juga ada cookies. Saran saya, minta orangtua memilih menu roti, telur, madu dan susu. Menu tersebut cukup mengenyangkan dan dapat memberi asupan energi untuk melakukan aktivitas seharian.

5. Selektif Pilih Hotel

Jika orangtua menggunakan kursi roda atau tidak sanggup naik turun tangga, carilah hotel yang memiliki akses untuk kursi roda atau seluruh kamarnya berada di lantai dasar. Hampir semua hotel di Cappadocia tidak dilengkapi fasilitas lift atau elevator. Maka, memilih kamar di lantai dasar dapat menjadi solusi agar orangtua tidak terlalu lelah dan kesulitan naik turun tangga.

Dengan memerhatikan 5 hal tersebut, orangtua akan nyaman saat traveling di Cappadocia bersama diva travelers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here