TRAVELDIVA – Pada 2023, volume permohonan visa dari Indonesia telah melampaui level sebelum pandemi seiring dengan pulihnya kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar negeri dan adanya pelonggaran pembatasan perjalanan.

Menurut VFS Global, volume permohonan visa di semua kategori dari Indonesia pada 2023 telah melampaui angka sebelum pandemi pada 2019 yakni sebesar 9%, dan meningkat sebanyak 137% dari tahun 2022.

Destinasi yang menjadi pilihan wisatawan Indonesia pada 2023 termasuk di antaranya adalah (berdasarkan abjad); Arab Saudi, Belanda, Inggris, Jepang, Jerman, Kanada, Swiss, dan UEA.

Kaushik Ghosh, Head – Australasia, VFS Global, mengatakan, “Peningkatan jumlah permohonan visa dari Indonesia pada tahun lalu menunjukkan bahwa kepercayaan wisatawan telah pulih dan masyarakat siap untuk kembali untuk melakukan perjalanan keluar negeri. Kami yakin, momentum positif perjalanan ini akan terus berlanjut di tahun 2024. Kami ingin menganjurkan bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri agar mengajukan permohonan visa dari jauh hari untuk menghindari jadwal temu yang padat.”

Angka pelayanan visa khusus personalisasi juga terus meningkat, sehingga menjadi tren baru di dalam permohonan visa di tahun 2023 lalu.

VFS Global mencatat peningkatan yang signifikan pada pelayanan personalisasi, seperti pelayanan Visa At Your Doorstep (VAYD). Pelayanan ini adalah pengajuan visa yang dapat dilakukan dari rumah atau lokasi pilihan lain bagi pemohon. Melalui pelayanan premium ini, pemohon dapat mengajukan permohonan visa, melakukan proses pengambilan biometrik, dan sekaligus menerima kembali paspor mereka melalui jasa kurir di tempat pilihan pemohon.

Saat ini, VFS Global di Indonesia menawarkan pelayanan VAYD untuk 8 negara – Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris.

VFS Global juga menawarkan fasilitas Mobile Visa Application Center (MVAC) di Indonesia yang bersifat fleksibel bagi pemohon visa untuk 7 negara – Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris. Kehadiran fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih bagi pelanggan termasuk perluasan jangkauan jaringan.

Di sisi lain, permintaan akan layanan Premium Lounge juga meningkat. Pelayanan ini menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan layanan secara personal dan menyeluruh di mana pemohon dapat menikmati fasilitas ruangan layanan yang nyaman di saat melakukan proses aplikasi visa.

Pelayanan lain yang tersedia adalah Prime Time di mana pemohon dapat melakukan proses aplikasi visa di luar jam kerja bahkan dapat dilakukan di akhir pekan. Pelayanan ini menjadi pilihan yang tepat sejak masa pandemi.

Catatan: penawaran pelayanan premium ini bersifat opsional dan tidak dapat mempengaruhi durasi proses visa atau mempengaruhi pengambilan keputusan yang bersifat menguntungkan pihak tertentu.

“Kami terus melihat meningkatnya perubahan yang nyata dari pelayanan tanpa sentuh dan juga pelayanan yang bersifat personal seperti VAYD dan Premium Lounge terutama bagi mereka yang memperhatikan faktor kesehatan paskapandemi.

Pelayanan-pelayanan ini turut meningkatkan pengalaman permohonan visa secara keseluruhan bagi pemohon dengan menghindari keharusan mereka mengantre. Kami memperkirakan akan meningkatnya permintaan pelayanan premium yang memprioritaskan keamanan dalam perjalanan tahun ini,” tambah Kaushik Ghosh.

VFS Global melayani 24 pemerintah berdaulat di Indonesia yaitu Austria, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Hongaria, Jepang, Kerajaan Arab Saudi, Latvia, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Singapura, Swedia, Swiss, Belanda, UEA (DVPC), Ukraina, dan Inggris.

Peran VFS Global dalam proses aplikasi visa terbatas pada tugas administratif, termasuk pengumpulan formulir aplikasi visa, dokumen yang diperlukan sesuai daftar periksa, dan melakukan proses pengambilan biometrik, jika diperlukan. VFS Global tidak memiliki peran dalam proses pengambilan keputusan visa.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.vfsglobal.com.

Panduan Perjalanan Pada Puncak Musim Liburan

#ApplyinAdvance – Ajukan sedini mungkin
Disarankan untuk mengajukan visa sejak memesan penerbangan dan akomodasi. Sebagian besar negara menerima aplikasi visa hingga 90 hari atau 3 bulan) sebelum keberangkatan. Menurut Kode Visa Schengen yang telah direvisi per tanggal 9 Februari 2020, pengajuan visa Schengen dapat dilakukan 6 bulan sebelum tanggal perjalanan. Pada khususnya tahun ini dengan meningkatnya permintaan visa dan jadwal janji temu yang terbatas, kami menyarankan agar pemohon untuk mengajukan visa sesegera mungkin.

#DoNotFallForFraud – Waspada penipuan
Pemohon visa disarankan untuk berhati-hati terhadap entitas penipuan yang mengenakan biaya untuk menjadwalkan janji temu atau menyediakan layanan lain apa pun yang menggunakan nama VFS Global atau atas nama pribadi. VFS Global tidak mengenakan biaya apa pun untuk membuat janji temu di www.vfsglobal.com yang merupakan situs resmi pelayanan permohonan visa.

Namun, beberapa pemerintah mengharuskan pembayaran biaya pelayanan di muka pada saat membuat janji temu. Pembayaran ini akan diganti atau dipotong pada saat proses aplikasi. Langkah ini untuk memastikan pemohon adalah orang yang sebenarnya akan berangkat melalui sistem janji temu untuk menghindari penipuan. Untuk informasi lebih lanjut, dimohon untuk menghubungi salah satu staf kami dan untuk melaporkan penipuan dapat mengunjungi tautan ini: https://secure.ethicspoint.eu/domain/media/en/gui/108559/index.html.

Nikmati pilihan layanan tambahan kami untuk pengalaman visa yang nyaman seperti:

  • Visa At Your Doorstep: Ajukan permohonan visa Anda dan daftarkan biometrik dari lokasi pilihan Anda.
  • Premium Lounge: Dapatkan pengalaman pengajuan visa yang dipersonalisasi secara menyeluruh dari lounge premium yang nyaman.
  • Prime Time: Ajukan permohonan visa Anda di luar jam kerja normal atau bahkan di akhir pekan.
  • Bantuan pengisian formulir: Staf ahli kami dapat membantu Anda di dalam menyelesaikan permohonan visa melalui telepon atau di pusat permohonan visa.
  • Layanan Kurir: Kami mengirimkan paspor dan dokumen Anda. Cepat, aman, dan nyaman.
  • Asuransi Kesehatan Perjalanan: Dapatkan Asuransi Kesehatan Perjalanan wajib Anda termasuk perlindungan Covid-19 dari perusahaan asuransi global.
  • Peringatan SMS: Dapatkan informasi terkini tentang perkembangan permohonan visa Anda.

Untuk informasi lebih lanjut klik tautan berikut ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini