Villa Sawah Hotel and Resort
Villa Sawah Hotel and Resort di Ciawi, surganya para pencari ketenangan.

Villa Sawah Hotel and Resort terletak sekitar satu hingga satu setengah jam berkendara dari Cawang, Jakarta. Travel Diva sengaja mengunjunginya untuk menghabiskan libur akhir pekan. Dikelola oleh Salak Hospitality, vila ini menyuguhkan pemandangan sawah hijau dengan suasana tenang.

Jika Diva Traveler pernah menginap di vila-vila di Ubud yang kebanyakan dikelilingi sawah nah hijau dan bersuasana tenang, berada di tempat ini serasa tengah berlibur di sana. Usai menghabiskan hari yang melelahkan di Ibu Kota Jakarta, Villa Sawah merupakan destinasi tepat untuk relaks.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana untuk relaks. Relaksasi sudah dimulai dengan pemandangan dari jendela dan balkon kamar. Pepohonan hijau nan rindang, hamparan padi di sawah hingga pemandangan kabut di pagi hari sukses mendatangkan rasa damai di hati.

Pemandangan dari balkon.

Persawahan merupakan bagian dari eduwisata yang ditawarkan Villa Sawah. Kala menyusuri galangan sawah, Travel Diva dapat melihat hamparan padi hijau melambai-lambai terkena angin. Di tengah hamparan padi tersebut terdapat satu orang-orangan sawah. Ini adalah boneka sederhana dari dua batang kayu yang dirangkai sedemikian rupa serta diberi topi dan baju. Orang-orangan sawah adalah sahabat petani yang membantunya menjaga padi selama 24 jam setiap hari agar tidak dimakan burung.

Di sisi lain, butir-butir padi dan daun bendera mulai menguning, tanda siap dipanen. Kemudian tampak seorang petani tengah menuai padi dengan cara manual. Ia terlihat cekatan memotong tanaman bernama latin Oryza Sativa itu. Potongan padi itu dia taruh di atas terpal untuk kemudian dilakukan proses perontokan. Proses di mana butir padi dipisahkan dari batangnya.

Jika hobi jogging, Diva Traveler dapat berlari mengelilingi area vila. Sembari jogging di pagi hari, Diva Traveler dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Di sore hari, apabila tidak hujan, jogging juga bisa kembali menjadi aktivitas seru saat menginap di sana. Bagi para penikmat senja, indahnya pemandangan saat matahari kembali ke peraduan menjadi daya tarik tersendiri yang menarik untuk diabadikan dalam foto.

Pemandangan sunset di Villa Sawah.

Relaksasi juga dapat dilakukan dengan menyusuri tepi kolam ikan, lalu berjalan di pematang sawah dan berakhir di tepi sungai. Sungai itu adalah Ciliwung. Bebatuan nan besar di sana menarik untuk disambangi. Namun, mengingat arusnya yang deras, Diva Traveler sebaiknya tidak melangkahkan kaki ke sungai. Cukup menikmatinya dari pematang sawah sembari sesekali memotretnya.

Berenang dan bersepeda statis juga bisa menjadi salah satu aktivitas relaksasi yang dapat dilakukan selama menginap di sana. Villa Sawah memiliki 22 kamar dan satu vila yang dapat disewa. Penginapan bintang tiga ini menawarkan kamar yang nyaman dengan furnitur jati di dalamnya.

Tidak sabar mencari relaksasi setelah berbulan-bulan di rumah saja akibat wabah Corona? Lekas agendakan kunjungan Diva Traveler ke sana begitu badai Corona berlalu.

Alamat:
Villa Sawah Hotel and Resort
Jl Cibalok Pandansari No.99, Pandansari
Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here