Delft Island. (Foto: https://www.srilankainstyle.com)

TIDAK semua tempat indah di Sri Lanka sering dikunjungi wisatawan. Ada sejumlah spot unik yang kerap terlewatkan oleh wisatawan. Padahal, tempat tersebut menawarkan panorama indah atau keunikan yang membuat pengunjung tidak bisa berhenti selfie.

Tempat-tempat tersebut bisa disebut sebagai hidden gems. Penasaran, ingin tahu apa saja spot hidden gems di Sri Lanka? Check these out, ladies.

Richmond Castle. (Foto: srilankadaytours.com)

1. Sri Lanka Air Force Museum

Spot ini terletak di Galle Road, Ratmalana. Dari Kolombo, jaraknya sekitar 13 kilometer. Aviation enthusiast dan pecinta wisata sejarah semestinya tidak akan melewatkan kunjungan ke Sri Lanka Museum.

Deretan pesawat tua di hangar utama akan segera menarik perhatian diva travelers. De Havilland Tiger Moth dan Chipmunk TMK.10 adalah dua dari deretan pesawat yang nangkring di hangar. Selain itu, terdapat pula 2 koleksi pesawat buatan Angkatan Udara Sri Lanka. Tidak kalah seru, di sana juga ada teater mini yang dirancang agar pengunjung bisa merasakan suasana kabin.

Teater mini ini dilengkapi pula sound system dan video sehingga diva travelers bisa merasa seperti benar-benar sedang berada di kabin pesawat. Ingin ke sana? Jangan lupa berfoto dengan latar belakang pesawat dan pintu masuk museum, ya.

2. Helga’s Folly

Helga’s Folly adalah penginapan. Berada di pegunungan sekitar Kandy, diva travelers dapat menempuhnya dalam waktu 3-4 jam dari Kolombo. Pemiliknya adalah sosialita Sri Lanka, Helga de Silva Blow Perera. Jiwa seninya yang tinggi mendorongnya untuk melukis dinding dan plafon hotel. Inilah akhirnya yang membuat Helga’s Folly unik.

Pertama kali membuat mural di hotelnya sendiri, ruangan ia warnai hitam. Setelah itu, barulah ia buat mural berwarna-warni di ruangan lain. Helga’s Folly memiliki 40 kamar dan semuanya memiliki artwork indah. Terlanjur mengalami kecelakaan lalu lintas, tidak semua kamar sempat ia lukis. Artwork terbaru dilukis oleh stafnya.

3. Delft Island

Delft Island adalah hidden gem. Dalam bahasa Tamil, Delft Island disebut Neduntheevu. Di Sinhala, penduduk setempat menamainya Neduntivu. Diva travelers dapat menemukannya sekitar 30 kilometer dari Jaffna, di utara Sri Lanka.

Untuk ke Delft, diva travelers bisa naik kapal ferry dari Pelabuhan Kurikadduwan. Kapal biasanya berangkat pukul 8 pagi dan kembali ke pelabuhan sekitar jam 2 siang. Pulau ini terpencil ini begitu indah. Koral mempercantik suasana di sana. Jejak Kolonial Belanda, Portugis dan Inggris juga teramat kental.

Beberapa spot menarik di sana adalah benteng peninggalan Portugis dan Belanda, pohon baobab yang dibawa pedagang Arab dari Afrika dan ditanam di Delft, rumah sakit tua yang dibangun Kolonial Belanda, sarang burung merpati, dan jejak kaki Hanuman.

4. Richmond Castle

Richmond Castle adalah bangunan besar berbenteng tebal yang dibangun pada awal 1900. Berlokasi di daerah terpencil bernama Thekkawatta yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari kota Kalutara.

Berada di kawasan perbukitan menjadikan udara di sekitar kastil sejuk dan cocok untuk relaks. Di dalamnya terdapat 16 ruangan, 99 pintu dan 34 jendela. Nuansa Eropa teramat kental di sana. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Eropa jika ingin melihat kastil.

Semua hidden gems di Sri Lanka ini menarik untuk dikunjungi. Jika berencana ke sana, pastikan kamu memiliki cukup waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here