Microwave

Microwave merupakan salah satu alat pemanas makanan yang dibutuhkan masyarakat. Biasanya, ketika memanaskan makanan, atau cairan di microwave memerlukan wadah yang aman untuk meletakkan makanan.

Sumber Foto: Pinterest

Namun, sayangnya terkadang sulit untuk menentukan wadah yang benar-benar aman untuk memasukkan makanan ke microwave, bukan?

Nah, dikutip dari Kompas.com, manakah wadah yang aman dan tidak aman untuk dimasukkan ke dalam microwave? Simak dibawah ini, ya!

Apa yang bisa kamu gunakan untuk microwave?

Meskipun harus memeriksa label atau buku panduan untuk memastikan, beberapa item khusus biasanya dapat digunakan dalam microwave.

Kamu mungkin terkejut mengetahui berapa banyak item yang dapat disimpan dalam microwave dengan aman.

Bisakah memasukkan gelas ke microwave?

Biasanya peralatan yang aman untuk digunakan di microwave yaitu peralatan makan kaca dan keramik, kecuali barang-barang seperti kristal dan beberapa tembikar buatan tangan.

Nah, jika menyangkut piring kaca atau keramik, mangkuk, cangkir, mug, mangkuk pencampur atau alat pembuat roti, Kamu harus berada di tempat yang jelas selama tidak ada cat atau inlay metalik.

Bisakah memasukkan plastik ke microwave, termasuk Tupperware?

Meskipun beberapa plastik aman untuk digunakan dalam microwave, tidak semuanya aman. Yang tidak boleh digunakan di microwave yaitu bahan plastik sekali pakai seperti yang digunakan untuk yogurt, keju cottage, dan makanan lain.

Sumber Foto: Pinterest

Kemudian jangan gunakan wadah plastik yang retak, tua, atau berubah warna. Sebaliknya, wadah plastik yang dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang, seperti Tupperware, umumnya aman untuk penggunaan microwave.

Jika ada wadah plastik yang ditandai ‘tidak aman untuk microwave’ jelas jangan gunakan di dalam microwave, ya!

Kamu harus selalu memeriksa label dan peringatan pada semua wadah sebelum dimasukkan ke dalam microwave, jika tidak ada tanda peringatan aman untuk microwave sebaiknya jangan digunakan.

Bagaimana dengan piring kertas?

Piring kertas biasa dapat dihangatkan dengan microwave, tetapi beberapa peralatan makan sekali pakai sebenarnya dilapisi dengan lapisan plastik tipis.

Sebelum kamu memasukkan piring atau mangkuk kertas ke dalam microwave, pastikan piring atau mangkuk tersebut diberi tanda dengan jelas sebagai microwave safe atau aman untuk microwave.

Bisakah memasukkan handuk kertas ke microwave?

Kebanyakan handuk kertas aman untuk microwave. Bahkan, Kamu bisa menggunakan tisu untuk menutupi beberapa makanan agar tidak terpecik saat dimasak atau dipanaskan kembali.

Sumber Foto: Pinterest

Jika Kamu menggunakan handuk kertas saat menggunakan microwave, sebaiknya gunakan interval waktu yang lebih pendek agar Kamu dapat memeriksa makanan dan kertas lebih sering.

Kamu perlu ingat bahwa kertas tisu daur ulang, tisu dengan cetakan, dan kantong kertas berwarna coklat tidak boleh digunakan karena berpotensi membahayakan keselamatan.

Bisakah memasukkan kantong Ziploc ke microwave?

Menurut Ziploc, kantong penyimpanan makanan mereka aman untuk mencairkan atau memanaskan kembali makanan dalam microwave, ‘jika petunjuk label diikuti’.

Nah, jika Kamu lebih suka merek kantong penyimpanan yang berbeda, pastikan bahwa merek tersebut aman untuk microwave dan ikuti semua petunjuk.

Jika kamu tidak yakin jenis kantong apa yang kamy gunakan atau tidak memiliki akses ke petunjuk arah, lakukan dengan aman dan jauhkan dari microwave.

Apa yang tidak bisa kamu masukkan ke dalam microwave?

Meskipun ada banyak hal yang bisa masuk ke microwave, ada juga banyak hal yang tidak bisa. Sebaiknya jauhkan bahan-bahan berikut dari microwave dan pindahkan makanan atau cairan apa pun dari wadah ini ke jenis yang aman untuk microwave.

Bisakah kamu memasukkan styrofoam ke dalam microwave?

Ada beberapa jenis styrofoam yang aman untuk microwave, tetapi harus diberi label microwave safe.

Jika Kamu tidak melihat label atau tidak yakin jenis styrofoam yang kamu gunakan, sebaiknya jauhkan dari microwave.

Bisakah memasukkan karton ke microwave?

Jika Kamu dapat memasukkan piring dan handuk kertas ke microwave, dapatkah Kamu melakukan hal yang sama dengan karton?

Keduanya adalah produk kertas. Sayangnya, karton dapat mengandung lem, lilin, dan bahan lain yang dapat membahayakan keamanan microwave.

Beberapa kotak bungkus karton bahkan memiliki pegangan atau pengencang logam yang dapat menyebabkan percikan api dan menimbulkan bahaya kebakaran.

Jaga keamanan microwave dengan mengeluarkan makanan dari wadah karton dan menempatkannya di kaca atau plastik tahan microwave.

Bisakah memasukkan baja tahan karat atau aluminium foil ke dalam microwave?

Apa yang seharusnya tidak pernah masuk ke microwave? Segala sesuatu yang terbuat dari atau mengandung baja, besi, tembaga atau logam keras lainnya.

Permukaan logam memantulkan gelombang mikro, yang meningkatkan panas di dalam peralatan dan dapat menyebabkan kebakaran.

Jika Kamu menyimpan sisa makanan dalam wadah logam, keluarkan makanan dan letakkan di wadah khusus microwave.

Ketika sampai pada aluminium foil, hal-hal bisa menjadi rumit. Secara teknis, aluminiun foil dapat dihangatkan dengan microwave, tetapi permukaannya harus sedatar mungkin.

Lapisan foil yang kusut atau lecek dapat menyebabkan “lengkung”, yaitu percikan api listrik melesat ke seluruh permukaan foil, berpotensi merusak microwave atau menyebabkan kebakaran.

Selain itu, makanan yang dibungkus dengan aluminium foil mungkin tidak dapat dimasak atau dipanaskan dengan benar di dalam microwave , foil tersebut akan memantulkan gelombang radio.

Setiap microwave berbeda, jadi bacalah petunjuk manual microwave milikmu untuk menentukan apakah aluminium foil aman. Dan jika ragu, hindari memasukkan logam apa pun ke dalam microwavemu.

Bagaimana saya bisa tahu apakah sebuah wadah aman untuk microwave saya?

Meskipun ada pedoman umum tentang wadah aman microwave, selalu ada pengecualian. Jika Kamu tidak yakin apakah ada sesuatu yang bisa dimasukkan ke dalam microwave, periksa bagian belakang atau bawah untuk mencari label ‘microwave safe’ (aman untuk microwave).

Jika Kamu tidak dapat menemukannya, coba tentukan dari bahan apa benda itu dibuat, ini akan memberimu gambaran yang lebih baik apakah boleh digunakan di microwave.

Jika Kamu tidak tahu terbuat dari apa wadah itu, ingatlah jika ragu, tinggalkan. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan microwave-mu tetap dalam kondisi prima selama bertahun-tahun yang akan datang.

Baca juga, Rahasia Sukses Bisnis Kuliner di Platform Digital Ala Digitarasa

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here