Cemilan Sehat

Mencoba resep cemilan yang menyehatkan namun gak kalah enaknya bisa membuat kegiatan liburan akhir minggu Kamu menyenangkan, bukan?

Cemilan makanan dan minuman yang mungkin bisa Kamu coba sebenarnya biasa dikonsumsi setiap hari, seperti Sereal, Kopi, puding, yogurt, hingga Roti.

Namun, Kamu tau gak, sih meskipun cemilan ini enak, tetapi jika dikonsumsi secara teratur dapat membahayakan kesehatan kamu, lho!

Untungnya, cemilan tersebut bisa diganti dengan yang lebih sehat dan mudah untuk dibeli atau dibuat di rumah. Nah, berikut adalah cemilan yang bisa Kamu coba dengan resep yang lebih sehat.

Sereal manis

Semangkuk sereal merupakan sarapan pokok bagi banyak orang. Sebagian besar sereal cenderung tinggi gula dan rendah makronutrien seperti protein dan serat.

Sumber Foto: Pinterest

Terlebih lagi, sereal manis yang dipasarkan kepada anak-anak sering dikemas dengan sirup jagung fruktosa tinggi dan pewarna makanan buatan seperti Red 40.

Untuk alternatif yang lebih sehat, pilih salah satu dari sarapan tinggi protein, serat tinggi seperti dibawah ini:

Oatmeal

Sumber Foto: Pinterest

Oatmeal merupakan alternatif sereal alami yang kaya serat dan protein. Cobalah untuk menggunakan gandum biasa, digulung, atau potongan baja dan topping bergizi seperti beri, kacang, kelapa tanpa pemanis, dan kacang mentega.

Puding chia

Sumber Foto: Pinterest

Untuk makanan yang sedikit manis tapi penuh serat yang ramah anak-anak, cobalah resep puding chia protein tinggi yang lezat ini, ya!

Yogurt parfait

Lapisi seluruh atau 2% yogurt Yunani polos dengan beri segar, kelapa tanpa pemanis, dan almond yang dihancurkan untuk pilihan sarapan yang mengenyangkan, ya! 

Sumber Foto: Pinterest

Terlebih lagi, resep muesli atau granola buatan sendiri mudah ditemukan secara online.

Kopi

Creamer memberikan kopi rasa lembut, manis dan hadir dalam berbagai rasa nikmat.

Namun, biasanya dikemas dengan tambahan gula, sering dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi, pemanis yang dikaitkan dengan beberapa efek kesehatan negatif seperti peningkatan risiko kenaikan berat badan.

Sumber Foto: Pinterest

Ditambah lagi banyak creamer kopi mengandung warna buatan, pengawet, dan pengental seperti karagenan.

Pengganti creamer yang tidak sehat itu sebenarnya mudah dibuat dengan resep creamer bebas bahan susu yang rendah gula tambahan, seperti berikut ini:

  • Satu kaleng 13,5 ons (400 ml) santan utuh atau berkurang lemaknya
  • 1 sendok makan (15 ml) sirup maple (atau lebih sesuai selera)
  • 1 sendok teh (5 ml) ekstrak vanili

Cukup masukkan bahan-bahan ke dalam botol atau stoples kaca dan kocok dengan baik. Simpan di kulkas selama 1 minggu atau bekukan dalam baki es batu untuk penyimpanan jangka panjang.

Jika Kamu ingin bereksperimen dengan rasa lain, coba tambahkan sedikit kayu manis atau ekstrak kelapa. Kocok creamer Kamu dengan baik sebelum menggunakannya, ya!

White Bread

Banyak orang lebih menyukai tekstur roti putih yang lembut dan empuk daripada roti yang lebih sehat seperti gandum atau gandum hitam.

Sumber Foto: Pinterest

Namun, seperti semua produk biji-bijian olahan, roti putih menawarkan nilai gizi yang rendah, karena rendah serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Nah, menukarnya dengan opsi yang lebih bergizi dapat meningkatkan kesehatan. Jika Kamu mencari roti yang lebih sehat, pilihlah gandum utuh, jenis kecambah, seperti roti Yehezkiel.

Selain tinggi protein dan serat, proses tumbuh juga dapat meningkatkan ketersediaan nutrisi tertentu dan mengurangi efek roti pada kadar gula darah Kamu.

Kamu juga bisa memilih banyak alternatif lezat dan bebas biji-bijian, termasuk:

Roti bakar kentang manis

Irisan tipis ubi jalar yang dipanggang menjadi pengganti roti putih yang sangat enak. Roti bakar ubi jalar tidak hanya bergizi tinggi tetapi juga serbaguna, karena dapat ditaburi hampir semua bahan.

Swiss chard atau selada

Membungkus bahan sandwich dalam daun selada dapat secara signifikan mengurangi asupan kalori kamu. Ditambah, sayuran hijau ini dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jamur Portobello

Jamur Portobello dikemas dengan nutrisi seperti vitamin B, serat, dan selenium, dan juga rendah kalori. Roti panggang butternut squash, roti kembang kol, roti rami, dan roti gandum 100% adalah pilihan sehat lainnya yang bisa Kamu gunakan sebagai pengganti roti putih.

Nah, agar tetap waspada dan fokus, Kamu juga bisa melakukan perubahan gaya hidup lainnya, seperti tidur lebih banyak, makan makanan yang sehat, dan mengurangi stres, ya!

Baca juga, Intip Beberapa Ide Bisnis kuliner Online 2021

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here