Traveldiva – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menargetkan 200 mitra Co-Branding yang akan bekerja sama dalam promosi wisata pada tahun ini. Melalui program Wonderful Indonesia Co-Branding (WICB), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya memperkuat daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Program ini pertama kali diperkenalkan pada 2017 oleh Menteri Pariwisata saat itu, Arief Yahya, dan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.
Saat peluncuran awal, WICB hanya menggandeng 44 mitra dari berbagai sektor bisnis. Namun, hingga 2024, jumlah mitra aktif telah meningkat pesat hingga mencapai 184. Sandiaga Uno menyampaikan rasa bahagianya atas perkembangan ini dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama & MoU Wonderful Indonesia Co-Branding Forum II 2024 di Jakarta pada Jumat, 27 Juli 2024. “Malam ini saya sangat senang dan terharu. Program WICB yang dimulai pada 2017 oleh Pak Arief Yahya, kini hampir mencapai 200 brand,” ungkapnya.
Program WICB bertujuan untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan Indonesia melalui produk-produk yang dikonsumsi masyarakat. Setiap produk yang tergabung dalam program ini akan mencantumkan logo ‘Wonderful Indonesia’, memberikan pengakuan dan dukungan terhadap jenama tersebut. Menariknya, program ini tidak hanya terbuka bagi perusahaan besar, tetapi juga untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Sandiaga menekankan pentingnya seleksi yang ketat dan berkeadilan dalam menentukan mitra yang akan bergabung. “Kami berharap mitra yang bergabung dapat merasakan manfaat dari kerjasama ini, seperti peningkatan penjualan yang sudah banyak dirasakan mitra lain,” jelasnya.
Dalam program ini, UMKM hingga restoran kecil di berbagai daerah seperti Danau Toba, bahkan restoran Indonesia di luar negeri seperti di Xiamen, Tiongkok, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi. Sandiaga menegaskan, “Wonderful Indonesia ini milik anak bangsa, jadi kami memberikan kesempatan kepada semua untuk berkontribusi.”
Dengan sisa masa jabatan yang hanya tinggal beberapa bulan, Sandiaga tetap optimis dalam mencapai targetnya. “Sebelum saya pensiun pada Oktober nanti, saya menargetkan ada 200 mitra. Semoga menteri berikutnya bisa mencapai 2.000 mitra,” tambahnya.
Program ini tidak hanya memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang, tetapi juga memperkuat brand ‘Wonderful Indonesia’ di mata dunia. Sandiaga yakin bahwa dengan kerja sama yang kuat dan berkesinambungan, program ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat besar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.