Dalam rangka meningkatkan aksi kolaborasi dalam mempromosikan wisata Heritage Jakarta, Indonesia Hidden Heritage Creative Hub (IHHCH) bersama Museum Bahari Jakarta melakukan media visit ke Stasiun Televisi Nasional, yaitu TVRI. Kunjungan yang dilakukan pada Selasa, 31 Januari 2023 lalu ini, bertujuan untuk memperluas jejaring IHHCH maupun Museum Bahari Jakarta dalam mempromosikan Museum sebagai ruang publik kreatif.

“IHHCH berharap TVRI bisa menjadi mitra media yang membantu IHHCH dalam publikasi kegiatan mempromosikan wisata sejarah,” ucap Deputy Director IHHCH, Sriwulantuty R.O.

Sebagai informasi, TVRI telah menjadi Lembaga Penyiaran Publik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia. Sebagai televisi publik, LPP TVRI mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan penyiaran televisi yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Buku dan Festival Cerita Kota

Salah satu tugas TVRI dalam melestarikan budaya bangsa selaras dengan misi IHHCH Reviving Indonesia Urban Heritage Tourism Potential. IHHCH saat ini telah menjadi mitra promosi dan marketing Museum Bahari Jakarta dan Museum Kota Palembang, untuk meningkatkan kualitas museum sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Perkotaan.

Selain mengembangkan Museum IHHCH mendorong penguatan heritage tourism melalui penerbitan Buku seri Cerita Kota. Saat ini Buku Cerita Kota telah dimulai untuk Jakarta dan Palembang menyusul dalam waktu dekat. Harapannya ada series Cerita Kota untuk seluruh Indonesia.

IMG 20230202 WA0020

Cerita Kota sendiri juga diangkat sebagai sebuah program Festival bulanan di Museum Bahari Jakarta dan Museum Kota Palembang. Festival ini mengangkat tema yang berbeda setiap bulannya dan diisi dengan diskusi inspiratif dari pelaku ekonomi kreatif dan lintas komunitas.

TVRI tertarik untuk ikut serta dalam riset yang akan dilakukan IHHCH dalam menerbitkan buku Cerita Kota edisi Kepulauan Seribu, di mana riset akan dilakukan di Pulau Edam dan Sebira. Produk buku ini akan dikemas dengan design yang eye catching, gaya penulisan populer dengan ukuran travel size, sehingga buku ini diharapkan bisa menjadi bacaan yang menarik bagi masyarakat. Begitupula dengan Festival Cerita Kota, TVRI memberikan dukungan untuk mempromosikan kegiatan festival tersebut sejak Januari.

Program TVRI World

IMG 1162 1

Selain itu, TVRI juga memiliki program siaran internasional bernama TVRI World yang menyediakan informasi dengan misi mendorong kemajuan bangsa di kancah internasional melalui tayangan-tayangan berkelas dunia. Adapun program TVRI World meliputi TVRI World News, Daily Talkshow, Beautiful Indonesia, Inspiring Indonesia, Coffee break with Ambassador dan Diplomatic Corner. Bapak Yusuf Muhammad mengatakan, bahwa saat ini TVRI telah tayang secara internasional di dua negara, dan ke depannya akan tayang di delapan negara.

Dengan adanya siaran internasional ini, TVRI pun sangat terbuka untuk melakukan kolaborasi dengan IHHCH dan Museum Bahari Jakarta untuk memperkenalkan Museum atau wisata heritage lainnya secara lebih luas sebagai tujuan destinasi wisata di Indonesia.

Kasatlak Kreasi dan Perawatan Museum Bahari Jakarta, Bapak Triyadi Purnomo, juga menyampaikan bahwa Museum saat ini akan berkolaborasi dengan beberapa Kedutaan Besar untuk melakukan pameran dengan menjadikan Museum sebagai venue acara pada bulan Juli mendatang. Hal ini menunjukkan bahwa sudah saatnya Museum di Indonesia untuk berkembang lebih baik dengan program program publiknya, dan menjadi destinasi wisata bagi turis lokal maupun internasional. Tentunya hal ini dapat terwujud jika dibarengi dengan kolaborasi, serta promosi yang luas.

Kedepannya diharapkan IHHCH bersama TVRI dan Museum-museum di Indonesia dapat mengembangkan program kolaborasi yang efektif dalam rangka memperkenalkan budaya atau warisan produk budaya Indonesia baik dalam lingkup lokal maupun internasional.

Lebih lengkap tentang IHHCH silahkan mengunjungi: https://linktr.ee/IHH_Hub

Media and Community Officer
Syafa Khalisha Ifadha
email: indonesiahiddenheritage@gmail.com
Menara Cakrawala Lt 12 Suite Infiniti Office 1205
Jl MH Thamrin No 9 Jakarta Pusat 10340

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here