Destinasi Wisata Dieng
Sumber Foto: Resgallery.com

Dieng, salah satu tempat wisata daratan tinggi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki suhu sejuk serta kecantikan alam yang sangat indah. Hingga kawasan wisata di Dieng ini sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata favorit.

Bukan hanya wisatawan lokal, banyak juga wisatawan mancanegara yang datang karena tertarik dengan keindahan seperti berada di Negeri Kahyangan.

Nah, TravelDiva kali ini bakal merangkum dari beberapa sumber, apa saja destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng yang wajib Diva traveler kunjungi, ya!

Bukit Sikunir

Terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Bukit Sikunir Dieng ini memiliki ketinggian 2.200 mdpl.

10 Gambar Bukit Sikunir Dieng Wonosobo 2021 Rute Jalur Pendakian Lokasi Alamat | JejakPiknik.Com
Sumber Foto: JejakPiknik.com

Bukit Sikunir Dieng ini bakal menjadi tempat wisata favorit Diva traveler, deh karena memiliki spot matahari terbit atau sunrise dengan warna sinar matahari yang agak kekuningan, lho!

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat merasakan pemandangan sunrise dengan menapaki anak tangga yang pastinya ditemani udara dingin khas Dieng.

Saat sudah mencapai puncak bukit, Diva traveler juga bisa melihat pemandangan delapan gunung, diantaranya ada Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Merapi.

Kawah Sikidang

Sikidang merupakan salah satu kawah aktif yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Asyiknya Berwisata di Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah - Nusa Daily
Sumber Foto: nusadaily.com

Jika berkunjung ke Kawah Sikidang ini, Diva traveler bakal disuguhkan pemandangan aktivitas vulkanik yang menyatu dengan keindahan hamparan bukit hijau serta tanah kapur di sekitarnya.

Nah, keunikan dari kawah ini sendiri adalah fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Perpindahan ini terjadi pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun.

Kawah ini memiliki kandungan sulfur atau belerang, serta zat beracun lainnya. Diva traveler sangat disarankan untuk mengenakan masker saat berkunjung ke Kawah Sikidang agar tidak terjadi keracunan gas.

Tentunya, Kamu juga dilarang untuk menerobos pagar di sekitar kawah demi menjaga keamanan Diva traveler saat berkunjung.

Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu ikon dan juga sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo yang berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar.

Telaga Warna Dieng yang Menawan | Berita Rekreasi Perjalanan Indonesia - Resgallery
Sumber Foto: resgallery.com

Telaga Warna sendiri berada di ketinggian 2.000 mdpl, dengan keindahan bentang alam yang bakal sangat menarik perhatian Diva traveler.

Tempat wisata ini juga dikelilingi oleh beberapa tempat keramat seperti Goa Pengantin, Batu Tulis, Goa Jaran, dan Goa Sumur.

Selain itu, keunikan yang dimiliki Telaga Warna yaitu warna pada permukaan air telaga yang bisa berubah setiap waktu karena dipengaruhi oleh cuaca, sudut pandang, serta jarak pandang.

Permukaan air Telaga Warna sendiri seringkali terlihat berwarna hijau, biru laut, putih kekuningan, dan berwarna-warni seperti pelangi. Tingginya kandungan sulfur di dasar telaga menjadi faktor utama warna telaga tersebut mengalami perubahan.

Gunung Prau

Gunung Prau merupakan salah satu tujuan wisata utama di kawasan wisata Dieng yang terletak di empat wilayah administratif, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal.

Biaya Pendakian Gunung Prau [+] 8 Jalur Yang Bisa Kamu Lewati | Trip Jalan Jalan
Sumber Foto: tripjalanjalan.com
Berketinggian 2.590 mdpl, Gunung Prau ini merupakan gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, lho!

Diva traveler bakal melihat benang alam yang memukau saat cuaca sedang cerah dari ketinggian Gunung Prau. Pada malam hari juga terlihat lukisan langit yang bertabur bintang (Milky Way).

Gak cuma itu,Diva traveler juga dapat melihat pemandangan lima gunung secara langsung dari arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Sedangkan jika melihat ke arah barat, akan terlihat Gunung Slamet.

Kompleks Candi Arjuna

Dari sekian banyak candi yang ada Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas dan terkenal.

Kompleks Candi Arjuna, Kompleks Candi Terbesar di Dieng - Indonesia Kaya
Sumber Foto: Indonesiakaya.com

Kompleks Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Dengan luas sekitar 1 Hektar, di dalam kompleks tersebut terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Baca juga, Gak Perlu Takut Kulit Kering, Pakai Skincare Lervia Selama di Dataran Tinggi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini