Safari di Yala National Park Sri Lanka. (Foto: yalasrilanka.lk)

GEMAR memompa adrenalin? Di Sri Lanka banyak destinasi wisata menantang yang bisa diva travelers manfaatkan untuk memompa adrenalin. Tinggal pilih, mau tantangan seperti apa.

Hiking, safari di hutan mangrove, kite surfing, melihat macan tutul atau naik balon udara? Semua ada di Sri Lanka. Berikut 5 destinasi wisata di Sri Lanka yang bisa diva traveler kunjungi untuk menguji adrenalin.

1.Hiking di Glen Falls

Glen Falls terkenal dengan air terjun, panorama alam dan jalan setapaknya. Jalan setapaknya itu juga menjadikan Glen Falls popular di kalangan pecinta hiking dan sepeda gunung. Terletak di Nuwara Eliya, dataran tinggi berpanorama hamparan hijau. Bandula, pemandu wisata yang memandu Travel Diva ke sana menyebutkan, Glenn Falls terletak pada ketinggian 6.000 kaki di atas permukaan laut.

Air terjun Glen Falls bertingkat sehingga terlihat indah saat difoto. Sejuknya air terjun juga menjadi daya tarik bagi turis yang datang. Tidak sedikit turis yang menceburkan diri ke air untuk renang dan menikmati sejuknya air di sana. Tertarik menikmati kesejukan dan keindahan alam Glen Falls? Diva travelers dapat berangkat dari Kandy, kota terbesar kedua setelah Kolombo. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam.

2.Safari di Madhu River

Madhu River terletak di barat daya Sri Lanka. Bersafari di Madhu River menjadi daya tarik sungai ini bagi wisatawan. Diva travelers dapat menyusuri sungai menggunakan perahu sembari menikmati pohon bakau yang mengapit sungai. Bayangan pohon bakau yang tampak di permukaan air menjadi pemandangan indah yang menemani diva travelers di perjalanan. Ada beberapa perhentian menarik di sepanjang Madhu River. Diva travelers akan melalui beberapa pulau kecil. Salah satunya adalah

Pulau Kothduwa yang di dalamnya terdapat Kuil Kotduwa. Kuil ini diyakini pernah melindungi relik gigi suci gigi Buddha pada 340 Masehi. Setelah Kuil Kothduwa, perahu akan berhenti di perkebunan kayumanis. Di perkebunan tersebut diva travelers bisa melihat bagaimana petani mendapatkan kayumanis. Jika ke Madhu River, Bandula menyarankan diva travelers mengunjungi pula Bentota untuk mencoba olahraga air.

3.Kite Surfing di Kalpitiya

Suka olahraga ekstrem? Kite surfing atau kite boarding di Kalpitiya wajib diva travelers coba. Ini adalah olahraga air yang menggabungkan surfing dengan layangan. Untuk kite surfing, diva travelers butuh papan selancar khusus kite surfing, harnest atau alat pengaman yang dipasang di tubuh, dan tentu saja layangan. Namun, layangannya ini dirancang khusus untuk kite surfing.

Menurut Bandula, jika belum pernah mengikuti training kite surfing, diva travelers wajib mengikuti sesi pelatihannya terlebih dahulu yang disediakan di Kalpitiya. Kalpitiya berada di distrik Puttalam, barat laut Sri Lanka. Daerah seluas 16,73 kilometer persegi ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Mumpung ke Sri Lanka, tidak ada salahnya kalau mampir ke Kalpitiya untuk mencoba kite surfing.

4.Safari Alam Bebas di Yala National Park

Sri Lanka punya lebih dari 10 taman nasional yang masing-masing memiliki keistimewaan berbeda. Yala National Park merupakan taman nasional terbesar, tertua dan paling terkenal di Sri Lanka. Dirancang sebagai cagar alam pada 1900 dan menjadi taman nasional 1938.

Yala National Park merupakan daerah kekuasaannya macan tutul. Hewan lain yang bisa dijumpai di Yala antara lain gajah, rusa dan burung. Jumlah burung di sana mencapai 90 ekor.

5.Terbang dengan Balon Udara di Kandalama Lake

Aktivitas menantang lain yang tidak kalah seru saat traveling ke Sri Lanka adalah terbang dengan balon udara. Diva travelers bisa melakukannya di Kandalama Lake. Bandula mengingatkan, terbang dengan balon udara itu sifatnya musiman. Diva travelers hanya dapat melakukannya pada November sampai April.

Saat terbang dengan balon udara, pemandangan luar biasa indah dapat dilihat. Batu karang Sigiriya, lansekap hijau, laut, sungai hingga situs-situs budaya akan terlihat semua dari udara. Tur dengan balon udara biasanya berlangsung di pagi hari dan selesai di pukul 9 pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan.

Ternyata banyak destinasi wisata menantang di Sri Lanka yang sayang jika dilewatkan, kan? Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan paspor dan pesan pesawat untuk liburan ke Sri Lanka. Percayalah, pandemi Corona pasti akan berakhir.

Artikel ini disiapkan oleh kontributor Travel Diva di Sri Lanka, Ayoma Wickramaarachchi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini