Luar Negeri
Traveling dengan pesawat. (Foto: smartertravel.com)

Beberapa Negara saat ini menetapkan sejumlah persyaratan untuk membuka kedatangan bagi wisatawan dari luar Negeri.

Untuk masuk ke suatu Negara pastinya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Tentunya untuk Diva traveling yang ingin melakukan perjalanan ke luar Negeri harus jeli dan memperhatikan setiap kebutuhan sebagai bekal administrasi maupun kondisi faktual di Negara tujuan.

Penderita Diabetes
(Pinterest)

Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di laman resmi otoritas yang mengatur kedatawan warga asing, ya! Nah, dikutip laman, Tempo.co, berikut detail persiapan sebelum melakukan perjalanan ke luar Negeri.

Keperluan

Saat ini beberapa Negara masih menolak kedatangan Warga Negara Asing yang hanya ingin pelesiran.

Beberapa Negara juga masih membuka pintu kedatangan jika maksud kedatangan orang asing tersebut memiliki kedatangan yang lebih penting, misal untuk sekolah, bekerja, menengok keluarga yang sakit, dan lain halnya.

Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan di semua Negara pada prinsipnya hampir sama. Yaitu dengan pakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

So, Kamu harus membawa masker cadangan dan cairan pembersih tangan selama bepergian. Perhatikan jika ada kebijakan protokol kesehatan yang berbeda di Negara tujuan.

Dokumen kesehatan

Salah satu syarat utama sebelum melakukan perjalanan yaitu Kamu harus memiliki sertivikat vaksinasi Covid-19.

Persyaratannya pun beragam, ada negara yang hanya menerima pendatang dengan vaksinasi komplet, ada yang yang membolehkan jika baru divaksinasi satu kali. Tentu surat keterangan hasil tes Covid-19 dan jenis tes yang disyaratkan negara tujuan.

Dokumen perjalanan

Paspor, tiket, dan jangan lupa polis asuransi perjalanan. Ada banyak polis asurnasi perjalanan dengan berbagai pertanggungan, seperti biaya pengobatan hingga pertanggungan pembatalan jika tidak dapat bepergian.

Prosedur Karantina

Kewajiban karantina bagi pendatang merupakan prosedur di hampir semua Negara. Kamu perlu pahami betul bagaimana Negara tujuan menerapkan kebijakan karantina, apakah ada hotel atau penginapan khusus atau tidak.

Bagaimana juga Negara tujuan Kamu menangani pendatang yang saat tiba dan menjalani tes Covid-19 kemudian menunjukkan hasil positif.

Uang Digital

Pastikan batas nominal uang di kartu kreditmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Unduh berbagai aplikasi pem yang memudahkan Kamu bertransaksi selama perjalanan.

Perangkat digital

Ketika Diva traveling ingin melakukan perjalanan ke luar Negeri, pastikan memori telepon selularmu masih banyak.

Sebab, Kamu perlu mengunduh berbagai aplikasi perjalanan yang bisa jadi disyaratkan oleh Negara tujuan dan selama menggunakan fasilitas publik di sana.

Pastikan Kamu meluangkan waktu untuk merapikan semua dokumen perjalanan tadi.

Mulai dari membuat daftar pengecekan untuk memudahkan semua yang penting sudah masuk dalam tas yang akan Kamu bawa.

Nah, untuk cadangan, olah juga dokumen-dokumen perjalanan tadi dalam bentuk digital. Simpan di dalam memori ponsel atau email.

Simpan dokumen perjalanan di dalam bagian tas yang aman dan mudah dijangkau. Datanglah lebih awal di bandara untuk memastikan semuanya sesuai jadwal dan menghindari terburu-buru, apalagi sampai ketinggalan pesawat. Karena prosedur penerbangan kini lebih panjang dan membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Jangan lupa, bawa camilan untuk mengganjal lapar saat Kamu tak bisa berkutik karena dalam antrean.

Bawa juga pakaian cadangan di dalam tasmu untuk berjaga-jaga. Jangan berpikir oleh-oleh atau membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Pastikan Kamu melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, ya!

Baca juga, 8 Tips Traveling Buat Kamu Si Penderita Diabetes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini