印度尼西亚共和国政府通过旅游部 (凯门帕) 与美好的印度尼西亚共同品牌合作伙伴合作. Mereka menghadirkan dan mempromosikan program aktivasi bertajuk “游戏村”.
Menurut Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, dalam keterangannya di Jakarta (24/6/2025), program ini bertujuan untuk mengenalkan desa wisata sebagai destinasi wisata berkelanjutan kepada para pengunjung khususnya anak-anak yang sedang memasuki masa liburan sekolah. 希望, anak-anak sebagai agen perubahan nantinya bisa membawa dampak positif dalam membangun masyarakat yang lebih baik.
“Kehadiran program aktivasi Kampung Main ini patut kita apresiasi. Keterlibatan 18 mitra Co-branding Wonderful Indonesia menandakan bahwa kepedulian terhadap regenerative tourism tidak hanya datang dari pemerintah, tetapi juga stakeholder lainnya,” kata Made.
Made mengatakan, program aktivasi Kampung Main ini dijadwalkan berlangsung di lima kota berbeda, yakni di Jakarta (印度尼西亚迷你花园 英达, 26-29 六月 2025), 万隆 (Kiara Artha Park, 4-6 七月 2025), 日惹 (Pasar Wiguna Taman Ambarrukmo, 5-6 七月 2025), 泗水 (Kidzania, 11-13 七月 2025), dan Tabanan (Secret Garden Village, 11-13 七月 2025). “Kami berharap kerja sama serta dukungan berbagai pihak mampu menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan, masyarakat, dan ekonomi,他说.
Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kemenpar, Firnandi Gufron, menjelaskan aktivasi Kampung Main menciptakan bentuk kepedulian nyata bagi keberlangsungan alam dan lingkungan dengan melibatkan wisatawan, terutama anak-anak.
“Kami berharap kampanye ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu regenerative tourism. Semoga partisipasi generasi muda dalam aktivasi Kampung Main ini bisa memotivasi tindakan nyata untuk menjaga alam, 文化, serta lingkungan saat berwisata,” ujar Firnandi.
Firnandi menjelaskan, dalam program aktivasi “游戏村” 这, para mitra co-branding akan mengajak peserta untuk melakukan beragam kegiatan yang mengandung edukasi di dalamnya. Kegiatan tersebut di antaranya mencoba permainan tradisional, DIY
coloring, story telling, berfoto dengan properti desa wisata, dan beragam kegiatan menarik lainnya.
Setelah menjajal berbagai kegiatan seru, para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah produk-produk mitra co-branding Wonderful Indonesia dan peluang memenangkan liburan ke Desa Wisata dengan mengunggah pengalaman di Kampung Main Co-Branding Wonderful Indonesia ke media sosial. Selain mengikuti beragam kegiatan seru, pengunjung juga bisa menikmati karya seni instalasi yang dibuat dari limbah barang bekas seperti botol kaca, botol plastik, kertas, dan potongan kain atau pakaian.
“Program aktivasi Kampung Main ini bukan sekadar menyuguhkan hiburan serta edukasi dampak lingkungan semata, namun juga memberikan sebuah tanggung jawab kepada generasi muda untuk bisa berpartisipasi aktif dalam hal menjaga pelestarian desa wisata di berbagai daerah,” kata Firnan