Maraknya tren berkemah yang relevan mulai terlihat di pasar Indonesia. Berkemah kini menjadi salah satu kegiatan yang sedang digandrungi banyaknya keluarga maupun anak muda untuk berakhir pekan. Hal ini terlihat dari maraknya tempat berkemah atau camping ground baru di berbagai titik, seperti di daerah Ranca Upas, Kabupaten Bandung ataupun di daerah Sentul, 茂物
Sebuah laporan dari reportlinker.com mengenai tren dan pertumbuhan pasar perlengkapan berkemah yang berjudul “Camping Equipment Market – Growth, Trends, Covid-19 Impact, and Forecasts (2021-2026)” menunjukkan bahwa di tahun 2020 pasar perlengkapan untuk berkemah secara general dihargai USD 13.955 juta dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk sebesar 6.68%.
Seorang presenter yang juga merupakan salah satu brand ambassador EIGER Adventure, yakni Darius Sinathrya menceritakan bahwa ia dan keluarga sudah mulai membiasakan berkemah tiga sampai empat kali dalam waktu satu bulan.
“Saya dan Donna percaya mengenalkan dan mendekatkan anak ke alam adalah hal yang positif dan memberi banyak nilai baik dalam tumbuh kembang anak, terutama saat mereka mendapat pengalaman berada di alam terbuka, belajar secara langsung tentang pentingnya ekosistem dan juga pengetahuan hidup di alam jauh dari fasilitas kota yang biasa memudahkan keseharian mereka,” ujar Darius Sinathrya, Brand Ambassador EIGER Adventure.
“Berkemah bukan sekadar membangun quality time, tapi juga mempelajari tempat, 文化, 人们, cuaca, hingga kesulitan baru sehingga liburan bersama keluarga selalu penuh cerita dan kesan yang mendalam.” Tambah Darius.
Meningkatnya kegiatan berkemah juga terlihat dari angka penyerapan produk perlengkapan berkemah EIGER Adventure. Jason Wuysang, General Manager E-Commerce EIGER Adventure menjelaskan, “penjualan produk berkemah di 3 bulan terakhir di platform eCommerce kami berkontribusi 6% dari total penjualan. Artinya kurang lebih 6.000 produk perlengkapan berkemah laku terjual selama 3 bulan ini.”
“5 jenis produk berkemah dari EIGER Adventure yang paling laris terjual yaitu beanies, alat masak & makan, perlengkapan penerangan, wadah air, dan tenda.” Tambah Jason
Tenda menjadi salah satu perlengkapan berkemah yang paling penting dalam kegiatan luar ruang. Penjualan tenda EIGER pun dapat dikatakan cukup melonjak, seiring dengan maraknya camping. Di eCommerce EIGER, saat ini tenda yang berkapasitas 2 和 5 orang paling laku terjual.
“Kami melihat tenda berkapasitas 2 orang laku terjual karena kegiatan pendakian sudah mulai kembali. Sedangkan ketika melihat volume penjualan tenda 5 orang yang biasanya dibeli oleh keluarga, dapat diartikan bahwa tren berkemah bersama keluarga atau dalam kelompok besar memang semakin meningkat,” Lanjut Jason
Senior Designer Equipment EIGER Adventure, yaitu Heri menjelaskan, perbedaan dari tenda berkapasitas 1-2 orang dengan tenda berkapasitas diatas 4 orang yaitu berbeda di beratnya. Terlebih, material yang digunakan pun berbeda, seperti area floor untuk tenda keluarga biasanya menggunakan bahan PE dengan frame menggunakan bahan fiber.
Heri telah merekomendasikan beberapa jenis tenda EIGER yang cocok untuk berkemah dengan keluarga, yaitu tenda jenis Stover berkapasitas 4 人们, Creek dengan kapasitas 5 orang dan Guardian dengan kapasitas 8 人们. Bahkan, saat ini EIGER sudah memiliki tenda sederhana yang dapat digunakan di pekarangan rumah ataupun di pinggir pantai, 那是 Recline Shelter. Tenda jenis ini dapat dengan mudah dibuka maupun dilipat, sehingga memudahkan pengguna saat berlibur.
Melihat potensi pasar yang semakin melonjak, EIGER berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk perlengkapan berkemah khususnya tenda-tenda terbaru yang berkapasitas 1 直到 4 人们, memiliki fitur canggih dan warna terbaru.
Kabarnya, tenda-tenda baru ini akan dirilis di akhir hingga awal tahun depan. Untuk memenuhi minat konsumen dalam berkemah, saat ini EIGER Adventure memberikan bundling package spesial untuk perlengkapan berkemah yang tersedia di aplikasi Tokopedia.
另请阅读, 特别报告: 超级喷气机, 新铁鸟方便携带