トラベルディーバ.id — Internet menjadi daya tarik tersendiri bagi penyewa apartemen. Hal ini terungkap dalam survei internal yang dilakukan Travel Diva dengan melibatkan beberapa agen properti penyewaan Apartemen Kalibata City.
Apartemen Kalibata City dengan 18 menara (tower) dan jumlah unit mencapai 13.580 tidak hanya dihuni oleh pemilik, akan tetapi juga telah menjadi alternatif akomodasi bagi keluarga, pelajar, pebisnis dan karyawan yang membutuhkan tempat tinggal sementara selama mengunjungi keluarga sambil wisata, berobat, mengikuti praktik kerja lapangan, berbisnis atau bekerja di Kota Jakarta.
Berdasarkan hasil Survei Tingkat Hunian Apartemen Kalibata City yang dilakukan トラベルディーバ.id pada Mei 2023, tingkat okupansi apartemen sewa di Kalibata City selama pandemi dan pada era new normal tidak mengalami perbedaan signifikan.
Survei dilakukan menggunakan metode studi literatur (desktop study), observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview). “Tingkat okupansinya sama saja, akan tetapi mayoritas penyewa meminta diskon selama pandemi,” ungkap salah satu agen properti yang diwawancarai Divisi Riset トラベルディーバ.id.
Apartemen sewa di Kalibata City ada yang dipasarkan langsung oleh pemilik dengan memasang iklan di situs iklan OLX atau memanfaatkan kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), menitipkan melalui agen properti konvensional atau situs properti daring seperti Travelio. Pada awal Mei 2023, dari 70 unit apartemen sewa, tercatat sekitar 59 unit berada pada kondisi tersewa.
Mayoritas penyewa melakukan pembayaran sewa secara bulanan, bukan tahunan, karena hanya tinggal sementara di Jakarta untuk mengunjungi keluarga, berobat, mengikuti praktik kerja lapangan, berbisnis atau bekerja di Kota Jakarta. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya praktik prostitusi, pengelola Apartemen Kalibata City, Agung Podomoro Group telah mengimbau para pemilik apartemen untuk tidak menyewakan unit secara harian. したがって, para pemilik apartemen sewa biasanya menerapkan sistem sewa bulanan, minimal satu bulan.
Hasil riset juga menunjukkan mayoritas penyewa datang dari berbagai pulau di Indonesia, yakni Pulau Jawa, スラウェシ島, スマトラ島, dan Kalimantan. Ada pula 1 unit yang disewa secara bergantian, setiap dua bulan sekali, oleh mahasiswa dan mahasiswi kedokteran dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Amenitas Internet Menjadi Daya Tarik Penyewa Apartemen
Sebagai alternatif hotel, apartemen sewa perlu didukung amenitas memadai. Dari hasil observasi Traveldiva selama pandemi hingga era new normal ditemukan bahwa ketersediaan jaringan wi-fi menjadi salah satu komponen daya tarik apartemen sewa.
Saat showing unit atau melihat unit yang akan disewa, pertanyaan yang selalu dilontarkan mayoritas calon penyewa ialah dukungan jaringan wi-fi. Alasannya antara lain untuk menunjang aktivitas kerja dan kuliah, browsing mencari informasi kuliner dan wisata, menonton film, serta mengakses media sosial.
Hasil riset menunjukkan 70% penyewa memasang wi-fi di unit yang mereka sewa. Sisanya, mengandalkan kuota internet atau mencari akses wi-fi gratis dari kafe-kafe yang ada di kios atau mall Kalibata City Square yang ada di bawah apartemen.
Salah satu provider wi-fi yang menjadi pilihan penyewa Apartemen Kalibata City adalah Telkom melalui produk IndiHome Triple Play. Produk ini menawarkan koneksi internet berbasis teknologi fiber optis dengan kecepatan tinggi hingga 100 Mbps dan layanan televisi interaktif dengan beragam konten hiburan.
Berdasarkan hasil uji coba トラベルディーバ.id terhadap produk IndiHome Triple Play, Telkom berhasil memenuhi komitmen mereka dalam memberi akses internet berkecepatan tinggi yang selalu lancar. Saat ini tidak semua pemilik apartemen sewa menyadari bahwa mereka telah menjadi pemangku kepentingan (stakeholder) di sektor pariwisata melalui penyewaan unit sebagai alternatif akomodasi hotel. Meski demikian, mereka sejatinya adalah pemangku kepentingan yang memegang peran penting dalam mendukung sektor pariwisata Kota Jakarta, yakni sebagai penyedia akomodasi.
Demikian pula dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Provider IndiHome ini juga telah sukses menjalankan perannya sebagai salah satu pemangku kepentingan di sektor pariwisata Kota Jakarta dengan menciptakan kepuasan penyewa unit dari luar kota melalui layanan internet dan televisi interaktif yang lancar dan dapat dinikmati setiap hari selama 24 jam.
Baca artikel hasil riset Traveldiva.id lainnya di sini.