Membuat Bakwan
Sumber Foto: Tribunnews

Sudah membuat menu berbuka puasa, belum? Kalau belum, Kamu bisa cobain resep gorengan bakwan yang menjadi menu buka puasa paling dicari.

Bakwan Sayuran Mercon | Resep dari Dapur KOBE
Sumber Foto: DapurKobe

Menu buka puasa gorengan bakwan ini biasanya memiliki tepung yang renyah serta dicampur dengan sayur-mayur di dalamnya.

Nah, untuk resep dan cara membuatnya, simak dibawah ini, ya!

Tambah tepung beras/maizena

Membuat bakwan harus menggunakan tepung adonan yang benar untuk mendapatkan hasil yang lembut dan renyah.

Seperti kebanyakan pada dasarnya adonan tepung bakwan ini hanya terbuat dari tepung terigu. Padahal, tepung terigu hanya memberi hasil renyah diawal selagi panas dan tentunya tidak bertahan lama.

Kamu bisa menambahkan bahan lain untuk hasil bakwan yang renyah dan lembut, seperti tepung beras atau tepung maizena ke dalam adonan. Kemudian jangan lupa menambahkan bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, bawah merah, garam, dan sedikit merica. Serta tambahan sayuran seperti kol dan wortel atau tambahkan sayur sesuai selera, ya!

Selanjutnya yang tak kalah penting selain tepung, bumbu dan sayuran adalah bahan cairnya. Bahan cair yang digunakan bisa berupa santan dan air. Apapun bahan cair yang digunakan pastikan dingin supaya hasil bakwannya renyah maksimal.

Adonan Bakwan

Tips membuat adonan bakwan yaitu bagaimana kita bisa membuat adonan yang komposisi tepung, sayuran, dan bahan cairnya seimbang. Tak lupa adonan ini juga harus memiliki rasa dari bumbu halus dan bumbu-bumbu lainnya.

Membuat adonan tepung bakwan yang renyahnya tahan lama, adonan bakwan harus lebih encer. Adonan yang encer ini akan lebih cepat mematangkan bakwan dan lebih garing saat digigit.

Hindari membuat tekstur bakwan kental atau terlalu banyak tepung, karena bisa-bisa bakwan cuma tebal saja tapi tidak renyah.

Nah, untuk menguji kerenyahan bakwan, silakan goreng sebanyak satu sendok sayur dulu dan goreng sampai kuning keemasan. Jika bakwannya terlalu tebal, bisa tambahkan bahan cairnya lagi. Begitu juga kalau kerlalu encer bisa ditambahkan tepung.

Cara goreng

Usahakan menggunakan penggorengan yang cekung dan minyak yang banyak ketika menggoreng bakwan. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang.

Kemudian sendokkan adonan bakwan di pinggir-pinggir wajan dan biarkan adonan jatuh sendiri ke dalam minyak. Siram-siram adonan bakwan sampai tidak lengket dan akhirnya tercopot sendiri dari penggorengan dan masuk ke dalam minyak goreng.

Tips lain saat menggoreng bakwan renyah adalah menusuk-nusuk bakwan dengan ujung spatula untuk mengeluarkan adonan yang masih basah dari dalam bakwan.

Setelah itu lanjutkan menggoreng hanya menggunakan api sedang saja sampai bakwan kuning keemasan, kemudian angkat, deh!

Baca juga, Menjelajahi Berbagai Daerah di Indonesia? Sajian Takjil Buka Puasa Ini Jangan Sampai Terlewatkan!

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here