Pisang Goreng Simanalagi. (Foto: Travel Diva/Rina Garmina)

PANAS begitu menyengat siang itu. Tetapi tidak menghentikan langkah Travel Diva menuju kedai Pisang Goreng Simanalagi. Pisang goreng racikan Ny Tjiong amat terkenal. Hingga menjadi candu bagi penggemarnya.

Tepat di depan sebuah bangunan tua berplang Pisang Goreng Simanalagi, Travel Diva seketika menghentikan langkah. Tersadar, bahwa telah tiba di tempat tujuan. Kaki pun melangkah masuk.

Etalase tua. Stoples kaca vintage berbodi gendut dengan tinggi sepantaran bayi usia 3 bulan. Dan, tentu saja sederet piring seng berdiameter sama dengan stoples nangkring di atas etalase tua tersebut.

Di dalam piring-piring itu terlihat tumpukan pisang goreng. Penataannya tidak serapi di kafe, namun tampilannya begitu menggiurkan. Ada 2 jenis pisang andalan Ny Tjiong. Pisang raja bulu dan tanduk. Begitu ujar Caroline, puteri Ny Tjiong yang meneruskan bisnis pisang goreng Simanalagi sang ibunda.

Jatuh Hati pada Raja Bulu

Pisang Goreng Simanalagi. (Foto: Travel Diva/Rina Garmina)

5 potong pisang goreng Travel Diva ambil. 1 pisang goreng raja bulu, 1 pisang kipas, 1 pisang tanduk, 1 pisang aroma dan 1 gegodoh. Tidak banyak pedagang pisang goreng menggunakan jenis raja bulu. Jadi, pisang raja bulu ini sengaja dikonsumsi paling akhir agar kenikmatan tetap terasa hingga nanti setelah pulang dari sana.

Pisang goreng raja bulu seketika membuat jatuh hati. Teksturnya lembut, cita rasanya manis. Salah satu ciri khas raja bulu adalah tidak bergetah sehingga menjadikan pisang goreng jenis ini terasa lebih lezat. Madu dari pisangnya pun keluar saat digoreng. Membuat pisang ini kian lezat.

Sementara gegodoh, tidak banyak orang familiar dengan nama itu. Gegodoh adalah pisang goreng yang menggunakan raja bulu atau tanduk, lalu dipotong-potong dan digoreng dalam balutan tepung terigu. Keistimewaan gegodoh di Simanalagi, adonan terigunya tidak keras meski baru dimakan beberapa jam kemudian.

Segelas teh hangat menjadi penutup kuliner pisang goreng hari itu. Bagi Travel Diva ini teh hangat dan pisang goreng merupakan pasangan yang pas. Pisang Goreng Simanalagi adalah kuliner legendaris di kota Bandung. Ny Tjiong mulai berjualan sejak 1948. Hingga kini, tidak ada perubahan pada resep pisang goreng racikannya. Pun, untuk urusan peralatan lama.

Sama seperti kebanyakan resto legendaris di Jalan Dalem Kaum, interior kedai pisang goreng yang dahulu bernama Pisang Goreng Ny Tjiong itu masih sama seperti dulu. Karena sudah dimakan usia, wadah, etalase, meja serta kursinya pun terlihat sederhana.

Pisang Goreng Simanalagi
Alamat : Jalan Dalem Kaum Nomor 6, Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here