UMKM Kuliner
Ilustrasi Transaksi GoFood di Mitra UMKM// Foto: doc.Gojek

Saat ini di tengah popularitas pemesanan makanan melalui platform GoFood, semakin banyak pelaku usaha yang menangkap kesempatan untuk menawarkan produk kulinernya secara online.

Untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, mitra usaha kuliner juga membutuhkan dukungan visibilitas yang efektif. Merespons kebutuhan ini, ekosistem Gojek memperkenalkan solusi iklan digital GoAds yang tepat sasaran, terjangkau, dan dapat diatur secara mandiri via aplikasi GoBiz.

Chief Commercial Officer Gojek, Antoine de Carbonnel mengatakan bahwa layanan GoFood telah menjadi andalan jutaan pelanggan dalam menjelajah lebih dari 20 juta menu kuliner yang disediakan oleh 750.000 mitra GoFood.

“Terlebih di masa pandemi ini, semakin banyak masyarakat memanfaatkan layanan GoFood untuk memenuhi kebutuhan kuliner dari rumah. Melihat kesempatan eksposur yang tinggi ini, Gojek menciptakan solusi iklan digital di dalam platform, GoAds. Dengan GoAds, mitra usaha kuliner pun dapat menggali berbagai peluang untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Solusi iklan digital GoAds menjembatani kebutuhan UMKM akan biaya pemasangan iklan yang sesuai budget dan tepat sasaran,” ujar Antoine.

Dengan GoAds, mitra usaha GoFood bisa merasakan berbagai keuntungan, seperti dibawah ini.

Dapat beriklan tepat sasaran

GoAds menawarkan 2 jenis iklan untuk UMKM kuliner yang disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan dalam menjelajah kuliner di halaman GoFood.

Diantaranya, yaitu pertama Partner Jempolan untuk menyasar pelanggan yang gemar menjelajah kuliner di laman ‘Eksplor’ dan memilih menu ‘Resto dengan rating Jempolan’.

Kedua yaitu Iklan Kategori GoFood untuk tampil di kategori menu ‘Aneka kuliner menarik yaini Minuman, Jajanan, Aneka nasi, dll’ dan menu favorit pelanggan, seperti ‘Terdekat, Terlaris, Terfavorit, dan Menu sehat’ yang ada di GoFood.

Biaya terjangkau, hanya membayar bila iklan di-klik oleh pelanggan

Berbeda dengan placement iklan digital lainnya, GoAds lebih efektif karena mitra usaha hanya membayar biaya sesuai jumlah klik pelanggan. Dengan harga yang terjangkau, iklan bisa tetap tepat sasaran karena hanya muncul di aplikasi pelanggan dengan radius 4 km dari resto.

Laporan performa transparan

Sebagai insight atas upaya iklan yang dilakukan, mitra usaha bisa mengakses laporan biaya dan performa iklan lewat aplikasi GoBiz, seperti aktual klik, klik pesanan, pertumbuhan kunjungan resto, hingga Return of Investment (ROI).

Tampilan Iklan Kategori GoFood 1
Tampilan Iklan Kategori GoFood// Foto: doc.Gojek

Antoine mengatakan sejak pertama diluncurkan pada Juli 2020, GoAds telah sukses membantu lebih dari 20.000 mitra GoFood memperluas jangkauan pasar dengan hasil yang sangat positif. Hal ini membuat kami semakin semangat berinovasi.

“Terbaru dari GoAds, kami menambahkan fitur Ads Manager, dimana mitra bisa mengatur periode beriklan sesuai kebutuhan, budget, dan waktu operasional outlet mereka. Pengaturan ini dapat dilakukan secara mandiri di aplikasi GoBiz,” tambah Antoine.

Selain itu, ada juga Djunarto pemilik restoran Bakmi Ayam Yamin Kingkong Cipondoh di Jakarta yang optimalkan Iklan Partner Jempolan untuk tingkatkan penjualan.

Djunarto mengatakan bahwa dirinya selalu mencoba berbagai fitur yang ditawarkan oleh GoBiz, termasuk Promo Partner Jempolan terbaru yang kini dilengkapi dengan fitur optional.

Menurut Djunarto, fitur optional ini membantu pengusaha UMKM kuliner untuk meraih pelanggan baru, karena bisa disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan yang berbelanja di resto mereka.

“Saya memiliki usaha bakmi, biasanya restoran kami ramai pada pagi dan sore hari. Untungnya, iklan lewat GoAds bisa diatur melalui Ads Manager, jadi saya memasang iklan hanya di jam sibuk tersebut,” ungkap Djunarto.

Di bulan Agustus, Djunarto iseng mencoba beriklan selama 5 hari dengan modal sekitar Rp 80.000 dan mengatur jadwal tayang iklan sesuai peak hours restonya dan ternyata metode ini memberikan hasil yang maksimal, bahkan saat dirinya cek di akhir periode iklan, pendapatan yang didapatkan mencapai 10.8 kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

“Yang saya suka dari GoAds ini adalah laporannya yang sangat transparan. Kita bisa mengetahui secara langsung jumlah pelanggan yang meng-klik resto saya lewat Iklan Partner Jempolan dan jumlah pelanggan yang akhirnya lanjut hingga pembayaran. Selain itu, saya juga bisa melihat persentase pelanggan baru yang berbelanja di resto,” tambah Djunarto.

Untuk mengatur tampilan Iklan Partner Jempolan, mitra usaha bisa mengakses shuffle card Ads manager di halaman depan aplikasi GoBiz, kemudian memilih budget sesuai kebutuhan, mengatur jadwal munculnya iklan, dan melakukan konfirmasi pengaturan Iklan Partner Jempolan. Lalu, iklan resto akan langsung muncul di kategori ‘Partner Jempolan’.

“Selain menghadirkan solusi iklan digital, GoFood terus mendorong permintaan pelanggan terhadap produk kuliner UMKM melalui berbagai inisiatif untuk semakin mendukung UMKM #BangkitBersama, seperti tile khusus #PesanDariUMKM yang memudahkan pelanggan mendukung UMKM kuliner di sekitar serta berkolaborasi dengan Tokopedia pada acara WIB (Waktu Indonesia Belanja) yang menghubungkan jutaan pelanggan GoFood dengan mitra usaha GoFood, termasuk UMKM,” tutup Antoine.

Baca juga, Food Vlogger Mgdalenaf Bocorkan 4 trik Temukan Menu Kuliner Nikmat di GoFood

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini