Tempe
Sumber Foto: Pinterest

Siapa yang suka makanan khas Indonesia yang satu ini? Yap! tempe yang berbahan dasar biji kedelai ini menjadi makanan favorit masyarakat. Namun, tahukah Kamu bahwa tempe bakal didaftarkan jadi warisan kuliner budaya di UNESCO?

Dikutip laman, CNN Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan akan mendaftarkan kuliner tradisional Indonesia, tempe sebagai warisan kuliner budaya di UNESCO, lho!

Dalam konferensi pers Kemenparekraf, Senin (24/5), Sandiaga Uno mengungkapkan, “Ini menarik setelah kami mendorong dangdut sebagai intangible cultural heritage, tempe ini menjadi item selanjutnya. Persiapan sudah dilakukan untuk kami masukkan tahun depan.”

Sandi menlanjutkan bahwa sebelumnya sudah ada upaya untuk mendaftarkan tempe. “Tempe telah ditetapkan jadi warisan budaya nasional Indonesia kami mendukung tempe dari ukuran sachet sampai sebesar bata,” lanjutnya.

Sandi pun berharap bahwa belajar dari rendang, yang sudah menjadi panganan nomor satu di banyak media internasional, semoga tempe juga menjadi ikon kuliner Indonesia. Penetapan tempe sebagai warisan budaya dunia ini juga akan melibatkan banyak orang, dari pengrajin lokal sampai pengusaha besar.

“Harapan kami, ingat tempe ingat Indonesia. Dengan ditetapkan tempe jadi warisan budaya dunia harapan kita akan meningkatkan pengembangan produk-produk olahan tempe sebagai produk kuliner kebanggaan bangsa dan akan membawa tempe untuk roadshow dan promosi kuliner ke internasional,” tutup Sandi.

Baca juga, Intip Beberapa Kuliner Khas Indonesia yang Sudah Mendunia!

[adrotate banner="3"]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here